Asal-usul Bahasa Indonesia dari Berbagai Bahasa


Hai sobat Wikileaders, pernah penasaran nggak sih sama asal-usul bahasa Indonesia? Kalau pernah, yuk kita cari tahu bersama!!!


Tampaknya tak pernah ada bahasa yang benar-benar orisinil. Dapat dipastikan hampir semua bahasa yang ada hari ini punya asal-usulnya tersendiri atau setidaknya terpengaruh oleh sedikit bahasa lain. Biasanya ada proses penyerapan kosakata yang terjadi hingga muncul kosakata baru yang diakui sebagai bahasa dari suatu daerah atau negara tertentu. Lumrahnya, ada 3 jenis proses penyerapan kosakata yakni adopsi, adaptasi, dan pungutan.


Nah, bahasa Indonesia pun melalui proses penyerapan tersebut. Lalu, dari negara mana saja bahasa Indonesia berasal?


Pada dasarnya bahasa Melayu yang menyerap unsur-unsur bahasa asing merupakan akar dari bahasa Indonesia. Selain itu, bahasa lain yang menjadi sumber bahasa Indonesia, di antaranya bahasa Sanskerta, Arab, Portugis, Belanda, Cina, Tamil, Hindi, dan Inggris.


Berikut pembahasan selengkapnya:


1. Bahasa Sanskerta


Wikileaders, ternyata bahasa Sansekerta merupakan bahasa tertua sebagai sumber penyerapan Bahasa Indonesia, lho! Diperkirakan bahwa bahasa Sanskerta sudah ada di Sumatra, Jawa, dan Bali sejak abad ke-9 M karena digunakan sebagai penyebaran agama Hindu dan Buddha. Maka dari itu, tidak heran apabila banyak kata dari Bahasa Sansekerta yang diserap ke Bahasa Indonesia.

Contoh : Asmara dari kata Āśrama

Sederhana dari kata Sādhāraṇa


2. Bahasa Arab


Pada abad ke-7, agama Islam mulai masuk ke Indonesia. Dalam penyebarannya, banyak muncul karya sastra yang ditulis dengan huruf Arab dan menggunakan bahasa Melayu. Keadaan inilah yang memudahkan masuknya unsur bahasa Arab ke Melayu. Apalagi sejak banyak raja di wilayah nusantara masuk agama Islam, banyak sekali kosakata bahasa Arab yang diserap. Menarik, bukan?

Contoh : Akal dari kata ʿaql

Kabar dari kata Khabar


3. Bahasa Portugis


Kata serapan bahasa Indonesia dari bahasa Portugis cukup banyak. Saking banyaknya, kadang-kadang kita tidak sadar kalau apa yang kita gunakan ternyata diserap dari bahasa Portugis. Mengapa banyak kata Portugis yang diserap? Dulu, bangsa Portugis masuk ke timur nusantara untuk berdagang. Mulai tahun 1511, bahasa Portugis mulai dikenal oleh masyarakat penutur bahasa Melayu. Tak sampai di situ saja, mulai pada abad ke-17 bahasa Portugis menjadi bahasa perhubungan antaretnis di samping bahasa Melayu.

Contoh : Bendera dari kata Bandeira

Boneka dari kata Boneca


4. Bahasa Belanda


Siapa yang ingat kalau dulu Indonesia pernah dijajah Belanda hingga ratusan tahun? Karena hal itulah, kini banyak sekali kata bahasa Indonesia yang merupakan serapan dari bahasa Belanda. Akan tetapi serapan dari bahasa Belanda tidak sebanyak bahasa Portugis sebab bahasa Belanda lebih sulit dipelajari. Mayoritas kata serapan dari bahasa Belanda berkaitan dengan administrasi dan pemerintahan.

Contoh : Aktivitas dari kata Activitiet

Bando dari kata Bandeau

Harmonis dari kata Harmonisch


5. Bahasa Cina


Banyak yang tidak tahu kalau bahasa dari Negeri Tirai Bambu juga ada yang diserap ke bahasa Indonesia. Sejak abad ke-7, masyarakat Indonesia sudah berhubungan dengan Cina karena banyak sekali saudagar Cina yang berdagang ke bagian timur nusantara. Biasanya, kata-kata yang diserap dari bahasa Cina adalah kata-kata yang berkaitan dengan makanan dan urusan dapur. Wah, ngomongin tentang makanan jadi lapar, deh!

Contoh : Apa dari kata 阿爸 a pà, Angpau, Bakso, dan Kecap.


6. Bahasa Tamil


Hah, Tamil? Bahasa dari mana, tuh?

Wikileaders, bahasa Tamil merupakan bahasa yang berasal dari India Selatan. Bahasa ini dikategorikan dari rumpun Dravida. Dalam sejarah, tercatat bahwa bahasa Tamil telah bersinggungan dengan bahasa Melayu sejak lama. Oleh karena itu, ada beberapa kata dari bahasa Tamil yang diserap ke bahasa Indonesia. Bahasa ini juga digunakan di Malaysia dan Singapura.

Contoh : Andai dari kata Aṇṭai

Keledai dari kata Kaṭalai.


7. Bahasa Hindi


Beberapa kosakata bahasa Indonesia juga menyerap bahasa Hindi. Sebagaimana diketahui, bahasa Hindi merupakan bahasa resmi lainnya yang dipakai di India. Bahasa ini masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan dan agama. Sejak saat itu, beberapa kosakata bahasa Hindi didonorkan ke bahasa Indonesia.

Contoh : Ayah dari kata Āyā

Roti dari kata Roṭī.


8. Bahasa Inggris


Wah, kalau bahasa Inggris pasti Wikileaders sudah familiar, ya? Jadi sekitar tahun 1811, Inggris pernah menduduki Indonesia meski tidak lama. Berawal dari Inggris menduduki Indonesia, muncul kontak antara bahasa Inggris dan bahasa Melayu. Usai kemerdekaan, kata serapan dari bahasa Inggris masuk melalui hubungan internasional.

Contoh : Analisis dari Analysis

Bisnis dari Business.


Referensi:

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/11/09/inilah-asal-usul-bahasa-indonesia

http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39903/1/Serapan.pdf

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/07/22/lima-bahasa-asing-yang-kosakatanya-diserap-menjadi-kosakata-indonesia

23 views0 comments

Recent Posts

See All