Simak! Ini 6 Tipe Pembaca Buku


Tipe Pembaca Buku

Halo, Wikileaders! Membaca buku memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi kalau isinya menarik dan seru. Orang yang membaca buku disebut sebagai pembaca buku. Dari miliaran manusia di dunia ini, ada perbedaan-perbedaan yang khas dari seorang pembaca buku. Di dunia ini ada beberapa tipe pembaca buku. Wah, apa saja ya kira-kira? Yuk, langsung cari tahu bersama tipe-tipe pembaca buku, Wikileaders!


1. Pembaca Buku Tidak Sampai Selesai


Pembaca buku dengan tipe ini hanya semangat membaca sampai tengah-tengah buku, tapi setelahnya tidak dibaca alias sisa isi halamannya dicuekin setengah mati. Bahkan buku yang dibeli 5 tahun lalu pun sampai sekarang tak kunjung selesai. Biasanya, ada beberapa faktor yang membuat mereka tidak selesai membaca buku seperti malas, terdistraksi dengan hal lain, atau merasa isi buku yang dibaca tidak seru.


2. Pembaca Buku setelah Nonton Adaptasi Film


Pembaca buku dengan tipe ini baru tertarik membaca buku ketika sudah menonton versi film yang diadaptasi dari buku bacaan. Karena filmnya seru, jadi penasaran ingin membaca versi bukunya. Tak hanya itu, ada juga yang memang sengaja menonton filmnya terlebih dahulu sebelum membaca versi buku. Misalnya, Laskar Pelangi, 5 CM, Dilan, sampai Harry Potter.


3. Pembaca Buku yang Sama Berulang


Saking seru dan membekas di hati, tipe pembaca ini rela membaca buku yang sama berkali-kali! Kalau istilah gaulnya sih, belum move on sama isi bukunya.

Misalnya, kamu baru saja tamat membaca buku yang berjudul Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye. Ketika membaca buku tersebut, kamu suka dengan cerita yang ada di dalam buku tersebut, alur, hingga tokoh-tokohnya yang membuatmu jatuh hati. Karena masih menarik, kamu pun membaca ulang buku tersebut dari awal sampai akhir walaupun sudah tahu isi bukunya.


4. Pembaca Suka Spoiler


Sstt.. Kalau yang ini adalah tipe pembaca pemburu bocoran. Biasanya mencari spoiler di internet atau langsung membaca halaman pertama dan terakhir agar tahu isi ceritanya seperti apa. Pembaca buku dengan tipe seperti ini tidak suka penasaran berlama-lama dan cenderung tidak tertarik dengan kejutan yang ada di dalam buku. Tidak hanya itu, terkadang ada beberapa pembaca dengan tipe ini yang juga menyebarkan spoiler ke beberapa teman lainnya. Pembaca dengan tipe ini mayoritas hanya mencari spoiler saja dan tidak membaca bukunya.


5. Pembaca Mudah Terbawa Suasana


Pembaca dengan tipe seperti ini memiliki karakteristik mudah terbawa suasana. Mereka sangat menjiwai ketika membaca sehingga bisa sampai menangis, marah, atau tertawa bahagia tergantung dengan suasana yang ada di dalam buku.


6. Pembeli Buku Tapi Tidak Dibaca


Si Penimbun Buku adalah julukan yang cocok untuk pembaca dengan tipe ini. Banyak membeli buku, tapi tidak pernah dibaca dan akhirnya hanya disimpan saja. Alih-alih dibaca, malah tertimbun di tumpukan buku. Istilahnya sih, ‘ koleksi doang, dibaca enggak!’.


Wikileaders, itulah keenam tipe pembaca buku. Kira-kira kamu termasuk yang mana?

13 views0 comments