Rekomendasi Artikel Jurnal: COVID-19

Tema:

Motivasi

Sub Tema:

COVID-19

Pandemi COVID-19 telah memberi pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan manusia saat ini. Tidak hanya Indonesia, tetapi seluruh dunia pun turut mengalaminya. Hal ini mendorong para akademisi untuk melakukan upaya penelitian terkait coronavirus sebagai motivasi dan penyelesaian terhadap masalah bisnis yang terjadi. Berikut beberapa artikel terkait COVID- 19 yang tim Wikilead telah himpun:


1.  Multidisciplinary Research Priorities for The COVID-19 pandemic: A Call for Action for Mental Health Science oleh Holmes et al. (2020)

Paper ini membahas tema motivasi tentang bagaimana prioritas penelitian berbagai disiplin ilmu untuk pandemi COVID-19 dilakukan, khususnya terkait kesehatan mental. Para peneliti menerapkan prioritas langsung untuk memperoleh data yang berkualitas terhadap efek kesehatan mental dari masyarakat global dan menetapkan strategi jangka panjang terkait penelitian ilmu kesehatan mental. Penelitian dari berbagai aspek dapat menjadi upaya untuk mengatasi permasalahan psikologis yang ada. Paper ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk upaya penelitian di berbagai negara dan  sangat cocok sebagai sumber bacaan para peneliti maupun tenaga medis. Selain itu, cocok bagi siapa saja yang membutuhkan referensi atau bahan riset terkait dampak COVID-19. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dan gratis dengan mendaftar di website pubmed.gov.


2.  Management of Psychiatric Conditions and Delirium during the COVID-19 Pandemic Across Continents: Lessons Learned and Recommendations oleh Ojeahere et al. (2020)

Mengetahui berbagai kondisi kejiwaan yang berbeda serta bagaimana tantangan dan penanganan yang baik pada orang yang terinfeksi COVID-19 menjadi tujuan paper ini dibuat dengan tema motivasi. Beberapa negara dari lima benua melakukan pendekatan dengan berbagi pengalaman mengenai pengelolaan kondisi kejiwaan dan delirium yang dialami pasien COVID-19 selama pandemi. Dalam paper ini juga menyebutkan beberapa penemuan dan berbagai upaya yang layak diterapkan untuk mengelola kondisi kejiwaan pasien COVID-19. Paper ini sangat cocok sebagai referensi para tenaga medis maupun para ahli kejiwaan, serta siapa saja yang tertarik pada kesehatan jiwa. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dan gratis melalui website ScienceDirect.


3.  Barriers and Challenges Faced by Brazilian Physiotherapists during the COVID-19 Pandemic and Innovative Solutions: Lessons Learned and to be Shared with Other countries oleh Pegorari et al. (2020)

Paper ini mengangkat tema motivasi terkait tantangan yang dihadapi khususnya oleh para fisioterapi Brazil selama pandemi COVID-19 dan juga solusinya. Paper ini menjelaskan gambaran kondisi di Brazil dan hambatan yang dialami para fisioterapi selama pandemi, serta bagaimana solusi inovatif yang dilakukan. Paper ini pula menjelaskan adanya pedoman untuk fisioterapi Brazil terkait pelayanan dan penawaran praktik untuk para pasien secara jarak jauh. Karena itu, Paper ini sangat cocok sebagai bahan bacaan para fisioterapi di seluruh dunia dengan harapan dapat membantu kesulitan mereka. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dan gratis melalui website tandfonline.


4.  Tourism and COVID-19: Impacts and implications for advancing and resetting industry and research oleh Marianna Sigala (2020)

Selama pandemi COVID-19, industri pariwisata menjadi salah satu bisnis yang paling terdampak. Paper ini telah mengulas dampak dan keterlibatan COVID-19 dalam upaya transformasi industri pariwisata sekaligus membahas pengkajian ulang kepustakaan yang ada untuk membantu para akademisi menelaah dampak COVID-19 secara lebih baik. Dalam paper ini juga memaparkan pengalaman yang dialami oleh para pelaku industri pariwisata selama tiga tahap COVID-19, sekaligus terdapat ringkasan tentang contoh dan skala dari dampak COVID-19 terhadap keterkaitannya dengan riset pariwisata. Oleh karena itu, paperini cocok sebagai bahan bacaan para pekerja pariwisata maupun perusahaan dan organisasi yang bergerak di bidang pariwisata. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dengan mendaftar di website ScienceDirect.


5.  Investigating the emerging COVID-19 research trends in the field of business and management: A bibliometric analysis approach oleh Surabhi Verma dan Anders Gustafsson (2020)

Berbagai riset telah dilakukan dan dipublikasikan mengenai berbagai aspek yang ada hubungannya  dengan  COVID-19 hanya dalam waktu singkat. Paper ini memaparkan tujuan penggunaan analisis bibliometrik pada buku bacaan terkait COVID-19 di bidang bisnis dan manajemen. Analisis ini menawarkan usulan-usulan yang dapat membawa beberapa perubahan sebagai rencana menuju kesempatan penelitian yang potensial. Paper ini cocok sebagai sumber referensi bagi penggiat bisnis dan siapa saja yang tertarik dengan bisnis di masa pandemi seperti ini. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dan gratis melalui website ScienceDirect.


Daftar Pustaka

  1. Holmes EA, O'Connor RC, Perry VH, Tracey I, Wessely S, Arseneault L, Ballard C, Christensen H, Cohen Silver R, Everall I, Ford T, John A, Kabir T, King K, Madan I, Michie S, Przybylski AK, Shafran R, Sweeney A, Worthman CM, Yardley L, Cowan K, Cope C, Hotopf M, Bullmore E. (2020). Multidisciplinary research priorities for the COVID-19 pandemic: a call for action for mental health science. The Lancet Psychiatry,547 – 560. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32304649/

  2. Ojeahere, M. I., de Filippis, R., Ransing, R., Karaliuniene, R., Ullah, I., Bytyçi, D. G., Abbass, Z., Kilic, O., Nahidi, M., Hayatudeen, N., Nagendrappa, S., Shoib, S., Jatchavala, C., Larnaout, A., Maiti, T., Ogunnubi, O. P., El Hayek, S., Bizri, M., Schuh Teixeira, A. L., … Pinto da Costa, M. (2020). Management of psychiatric conditions and delirium during the COVID-19 pandemic across continents: lessons learned and recommendations. Brain, Behavior, & Immunity – Health, 9, 100147. https://doi.org/10.1016/j.bbih.2020.100147

  3. Pegorari, M. S., Ohara, D. G., Matos, A. P., Iosimuta, N. C. R., Ferreira, V. T. K., & Pinto, A. C. P. N. (2020). Barriers and challenges faced by Brazilian physiotherapists during the COVID-19 pandemic and innovative solutions: lessons learned and to be shared with other countries. Physiotherapy Theory and Practice, 1–8. https://doi.org/10.1080/09593985.2020.1818486

  4. Sigala, M. (2020). Tourism and COVID-19: Impacts and implications for advancing and resetting industry and research. Journal of Business Research117 (Volume 117, September 2020, Pages 312-321), 312–321. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.06.015

  5. Verma, S., & Gustafsson, A. (2020). Investigating the emerging COVID-19 research trends in the  field of business and management: A bibliometric analysis approach. Journal of Business Research, 118, 253–261. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.06.057


This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia.


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


__________________________________________________________________________________________________


Kontributor: Helin Trialia Febrianti, Fathia Rosatika, Triola Chairunnisa, Nabila Elsya, Christien Tiyuni Tirtayasa, Geika Pramana Surya, Nadia Hadisty Azzahra, Rachmadea Aisyah.

#

COVID-19 (COVID-19), business and management (bisnis dan manajemen), covid-19 management (manajemen covid-19), pandemic (pandemi)