Rekomendasi Artikel Jurnal: COVID-19 dan Ekonomi

Tema:

Bisnis

Sub Tema:

COVID-19 dan Ekonomi

Pandemi COVID-19 mempengaruhi berbagai sektor tanpa terkecuali di berbagai negara. Selain pada sektor kesehatan, sektor ekonomi mendapat imbas yang sangat besar karenanya. Pasang surut dan ketidakpastian ekonomi meresahkan masyarakat secara keseluruhan. Menanggapi hal tersebut, setiap negara merumuskan dan menerapkan strategi kebijakan yang terbaik menurutnya. Sebagai referensi, berikut beberapa artikel yang dapat WIKILEAD sajikan berkenaan dengan persoalan ekonomi selama pandemic COVID-19.


1. To lockdown? When to peak? Will there be an end? A macroeconomic analysis on COVID-19 epidemic in the United States oleh Ng, W. L. (2020)

Berfokus pada penanganan COVID-19 di Amerika Serikat, hal ini tentunya akan berdampak pada sektor ekonomi secara mikro maupun makro. Artikel ini secara umum membahas prediksi atau perkiraan kapan dan bagaimana pandemic akan berakhir khususnya di Amerika Serikat. Melalui pembahasan diketahui bahwa belum ada kebijakan yang dapat secara efektif menekan penyebaran virus, dan kebijakan yang paling efektif adalah kebijakan campuran dengan karantina wilayah dan tes massal. Namun, tetap saja kebijakan ini kurang maksimal karena orang tidak menginternalisasi kegiatan sosial dari kehidupan normal yang menjadikan pandemi dapat lebih buruk. Artikel ini merupakan sumber referensi yang tepat untuk mempelajari dan menentukan kebijakan yang tepat di tengah pandemi, namun tetap dengan penyesuaian kondisi situasi. Untuk membaca keseluruhan isi bacaan, artikel ini bisa diakses secara bebas (free access) pada website Sciencedirect.


2. How Reskilling Can Soften the Economic Blow of Covid-19 oleh Enders, A., Haggstrom, L., & Lalive, R. (2020)

Sesuai dengan judulnya, secara garis besar artikel ini membahas mengenai dampak COVID-19 dalam sektor ekonomi. Pasang surut ekonomi menjadi sesuatu hal yang cukup sulit ditangani karena sifatnya yang dinamis. Begitu dengan pandemi COVID-19 yang menyebabkan ekonomi terutama industri anjlok di beberapa sektor, namun di lain sektor mengalami peningkatan seperti sektor kesehatan. Guna mengurangi dampak sosialnya, memberikan pelatihan kemampuan baru menjadi salah satu pertimbangan. Membahas mengenai pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi, artikel ini merupakan referensi yang tepat bagi siapa saja untuk membangkitkan perekonomiannya. Untuk membaca keseluruhan isi bacaan, artikel ini bisa diakses secara bebas (free access) pada website Harvard Business Review.


3. Economic Uncertainty Before and During The Pandemic COVID-19 Pandemic oleh Altig, D., Baker, S., Barrero, J. M., Bloom, N., Bunn, P., Chen, S., … Thwaites, G. (2020).

Ketidakpastian ekonomi sungguh meresahkan masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19. Pada artikel, Amerika Serikat dan Inggris menjadi acuan dalam menganalisis indikator-indikator ketidakpastian ekonomi tersebut. Indikator-indikator tersebut diantaranya ialah volatilitas terapan pasar saham, ketidakpastian kebijakan berbasis surat kabar, obrolan twitter tentang ketidakpastian ekonomi, ketidakpastian subjektif tentang pertumbuhan bisnis, ketidaksepakatan para pengamat tentang pertumbuhan PDB di masa depan, dan ukuran ketidakpastian makro berbasis mode. Sebagai hasil, terdapat empat analisis yang berhasil dikumpulkan. Membahas ekonomi secara spesifik dengan teori-teori dalamnya, artikel ini pastinya merupakan rekomendasi yang menarik bagi para pemerhati ekonomi. Untuk membaca keseluruhan isi bacaan, artikel ini bisa diakses secara bebas (free access) pada website Sciencedirect.


4. Economic Impact of Government Interventions during the COVID-19 Pandemic: International Evidence from Financial Markets oleh Ashraf, B. N. (2020)

Melalui riset internasional, artikel ini membahas pengaruh intervensi pemerintah dalam sektor ekonomi semasa pandemic COVID-19. Secara khusus dan mendetail, artikel ini membahas dampak dan tindakan pemerintah berkenaan dengan pengembalian pasar saham. Sebagai hasil, ditemukan bahwa kebijakan pemerintahan mengenai pembatasan sosial memberikan dampak negatif secara langsung terhadap tingkat pengembalian pasar. Namun, hal ini berdampak positif pada berkurangnya kasus COVID-19 yang terkonfirmasi. Berbicara mengenai kondisi ekonomi dan kesehatan, artikel ini merupakan rekomendasi yang tepat bagi para pemerhati ekonomi maupun kesehatan, serta analis kebijakan publik. Untuk membaca keseluruhan isi bacaan, artikel ini bisa diakses secara bebas (free access) pada website Sciencedirect.


Daftar Pustaka

  1. Ng, W. L. (2020). To lockdown? When to peak? Will there be an end? A macroeconomic analysis on COVID-19 epidemic in the United States. Journal of Macroeconomics, 65, 103230. https://doi.org/10.1016/j.jmacro.2020.103230

  2. Enders, A., Haggstrom, L., & Lalive, R. (2020, June 8). How Reskilling Can Soften the Economic Blow of Covid-19. Harvard Business Review. https://hbr.org/2020/06/how-reskilling-can-soften-the-economic-blow-of-covid-19

  3. Altig, D., Baker, S., Barrero, J. M., Bloom, N., Bunn, P., Chen, S., … Thwaites, G. (2020). Economic Uncertainty Before and During the COVID-19 Pandemic. Journal of Public Economics191, 104274. https://doi.org/10.1016/j.jpubeco.2020.104274

  4. Ashraf, B. N. (2020). Economic impact of government interventions during the COVID-19 pandemic: International evidence from financial markets. Journal of Behavioral and Experimental Finance, 27, 100371. https://doi.org/10.1016/j.jbef.2020.100371

This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia. 


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Putu Indah Kresna Dewi, Vivian Ardennisia Saputri Halim, Jauharotun Nisa Nuurul Faadhillah, Dwi Febrina, Widi Murti Kasih, Farah Rizkiah, Rammy Inkenny Immanuel Ndaparoka, Rania Arabella

#

COVID-19 (COVID-19), Coronavirus (Virus Korona), Government Interventions (Intervensi Pemerintah), Pandemic (Pandemi), Social Distancing (Pembatasan Sosial), Stock Market (Pasar Saham), Economics (Ekonomi), Society (Masyarakat)