Rekomendasi Artikel Jurnal: Ekonomi dan Politik

Tema:

Bisnis

Sub Tema:

Ekonomi dan Politik

Dalam dunia ekonomi dan politik, permasalahan yang timbul pasti berkaitan erat dengan bisnis. Telah banyak penelitian yang dilakukan sebagai bahan referensi yang berkaitan dengan bisnis, ekonomi, dan politik. Berikut beberapa paper tentang bisnis yang tim Wikilead telah himpun:


1. Public debt sustainability: An empirical study on OECD countries oleh Beqiraj, E., Fedeli, S., & Forte, F. (2018)

Paper ini membahas tentang tindak lanjut atau langkah yang akan diambil oleh negara terhadap utang negara apabila rasio utang-PDB mengalami peningkatan. Berdasar data atas 21 negara anggota OECD (Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan), dilakukan penelitian terhadap respons yang ditunjukkan setiap negara dan indikasi yang menyebabkannya. Dalam paper ini juga menjelaskan tindakan negara dalam jangka waktu panjang maupun pendek. Paper ini cocok sebagai bahan bacaan bagi para ahli ekonomi negara maupun pemerintah dalam menangani hal serupa. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dengan mendaftar di website ScienceDirect.


2. Trade, Poverty, and Social Protection in Developing Countries oleh Desai, R. M., & Rudra, N. (2018)

Paper ini menjelaskan bagaimana hubungan yang saling mempengaruhi antara perdagangan, kemiskinan, dan perlindungan sosial khususnya di negara berkembang. Berdasarkan pengamatan dampak dari komponen-komponen perdagangan yang dibahas dalam paper ini, menyatakan adanya pertentangan terhadap penelitian sebelumnya. Dijelaskan bahwa melalui pemisahan perdagangan di dua sektor memberi pengaruh terhadap kualitas perlindungan sosial di negara berkembang. Paper ini dapat menjadi bahan bacaan pegiat bisnis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara berkembang. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dengan mendaftar di website ScienceDirect.


3. Global warming has increased global economic inequality oleh Diffenbaugh, N. S., & Burke, M. (2019)

Paper ini terkait dengan bisnis tentang pengaruh pemanasan global terhadap keadaan ekonomi yang tidak merata antar negara. Kesenjangan ekonomi semakin lebar dipengaruhi oleh pemanasan global, dibuktikan dengan pemaparan yang telah dijelaskan dalam paper ini. Selain itu, disajikan pula beberapa contoh nyata yang terjadi di negara kaya dan negara miskin. Paper ini cocok sebagai bahan bacaan para ahli ekonomi dan siapa saja yang tertarik dengan isu pemanasan global yang berdampak sangat luas. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dengan mendaftar di website PNAS.


4. Universal basic income: A viable policy alternative? oleh Ciaian, P., Ivanov, A., & Kancs,  d’Artis. (2019)

Dalam dunia ekonomi, kebijakan-kebijakan alternatif perlu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Paper ini berfokus pada pendapatan umum universal sebagai penelitian terhadap kebijakan integrasi Roma. Paper ini juga menggambarkan upaya-upaya mengenai dampak perekonomian dalam jangka panjang. Selain itu, paper ini membahas dengan jelas hasil penelitian terkait kebijakan pendapatan umum universal yang dapat mencapai potensi tertinggi. Paper ini cocok bagi para ahli ekonomi dan pemerintahan yang mengatur kebijakan ekonomi. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dengan mendaftar di website Wiley Online Library.


5. The Industrialization and Economic Development of Russia through the Lens of a Neoclassical Growth Model oleh Cheremukhin, A., Golosov, M., Guriev, S., & Tsyvinski, A. (2016)

Paper ini membahas tentang bagaimana transformasi ekonomi Rusia dengan model pertumbuhan neoklasik. Dengan membangun data dan mengembangkan metodologi yang tepat dapat mengidentifikasi hambatan dan mekanisme ekonomi yang paling berdampak terhadap perkembangan ekonomi Rusia. Dalam paper ini juga dijelaskan penyebab kegagalan dan keberhasilan pertumbuhan ekonomi Rusia dari berbagai peristiwa. Paper ini cocok sebagai bahan bacaan panggiat industri dan bisnis dalam pengembangkan usahanya. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dengan mendaftar di website Oxford Academic.


6. Real but Unequal Representation in Welfare State oleh Schakel, W., Burgoon, B., & Hakhverdian, A. (2020)

Paper ini membahas tentang kebijakan kesejahteraan di negara-negara industri yang menganut sistem demokrasi. Setelah terjadi perdebatan yang memakan waktu lama diantara para ilmuwan, perdebatan itu pun terhambat karena adanya kesulitan data. Dalam paper ini menjelaskan data yang lebih valid terkait pengaruh kebijakan yang dibuat terhadap kalangan masyarakat tidak setara. Paper ini cocok sebagai bahan bacaan para politikus maupun aktivis dan siapa saja yang tertarik pada kebijakan politik. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dengan mendaftar di website Sage Journals.


7. Corruption in international business: A review and research agenda oleh Bahoo, S., Alon, I., & Paltrinieri, A. (2019)

Dalam paper ini membahas penelitian tentang korupsi dari berbagai literatur dalam bisnis internasional. Paper ini juga menjelaskan identifiskasi tujuh aliran penelitian yang dijadikan dasar atas saran dalam mengurangi dampak negatif korupsi. Dengan menempatkan korupsi sebagai isu penting dalam bisnis internasional, para ilmuwan harus menguji dan mengembangkan teori-teori manajemen yang ada. Paper ini cocok sebagai bahan bacaan pegiat bisnis maupun perusahaan dan siapa saja yang tertarik pada isu tersebut. Keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) dengan mendaftar di website ScienceDirect.


Daftar Pustaka

  1. Beqiraj, E., Fedeli, S., & Forte, F. (2018). Public debt sustainability: An empirical study on OECD countries. Journal of Macroeconomics58, 238–248. https://doi.org/10.1016/j.jmacro.2018.10.002

  2. Desai, R. M., & Rudra, N. (2018). Trade, poverty, and social protection in developing countries. European Journal of Political Economy. https://doi.org/10.1016/j.ejpoleco.2018.08.008

  3. Diffenbaugh, N. S., & Burke, M. (2019). Global warming has increased global economic inequality. Proceedings of the National Academy of Sciences116(20), 201816020. https://doi.org/10.1073/pnas.1816020116

  4. Ciaian, P., Ivanov, A., & Kancs,  d’Artis. (2019). Universal basic income: A viable policy alternative? The World Economy, 42(10), 2975–3000. https://doi.org/10.1111/twec.12798

  5. Cheremukhin, A., Golosov, M., Guriev, S., & Tsyvinski, A. (2016). The Industrialization and Economic Development of Russia through the Lens of a Neoclassical Growth Model. The Review of Economic Studies, rdw026. https://doi.org/10.1093/restud/rdw026

  6. Schakel, W., Burgoon, B., & Hakhverdian, A. (2020). Real but Unequal Representation in Welfare State Reform. Politics & Society, 48(1), 131–163. https://doi.org/10.1177/0032329219897984

  7. Bahoo, S., Alon, I., & Paltrinieri, A. (2019). Corruption in international business: A review and research agenda. International Business Review, 29(4), 101660. https://doi.org/10.1016/j.ibusrev.2019.101660

This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia. 


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Helin Trialia Febrianti, Brigitta Filla Delfa Suyoso, Dwi Febrina, Anggito Cahyo Nugroho, Zahradita Widhayanti, Gabriella Ery Kusumaningtyas, Nada Afra, Rifa Afantia, Farah Rizkiah, Rammy Inkenny Immanuel Ndaparoka, Anisa Arum Melati, Rania Arabella

#

Economics (Ekonomi), economic inequality (kesenjangan ekonomi), global warming (pemanasan global), international business (bisnis internasional)