Rekomendasi Artikel Jurnal: Kepemimpinan, Umum

Tema:

Kepemimpinan

Sub Tema:

Kepemimpinan, Umum

Kepemimpinan menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh seseorang. Melalui kepemimpinan yang baik dan benar, seseorang dapat memberikan manfaat dan dampak yang lebih besar kepada masyarakat. Dalam berbagai penelitian, model-model kepemimpinan dibahas untuk memberikan perspektif dan pemahaman yang lebih mendalam. Berikut adalah beberapa artikel jurnal mengenai kepemimpinan yang telah dihimpun oleh Tim Wikilead.


1. Don't call me a leader, but I am one: The Dutch mayor and the tradition of bridging-and-bonding leadership in consensus democracies oleh Karsten, N., Hendriks, F. (2016)

Model kepemimpinan memiliki banyak alternatif yang beragam. Ada model kepemimpinan yang kaku dan individualis, tetapi di sisi lain ada juga yang demokratis. Artikel ini memberikan gambaran dan penjelasan dari contoh kepemimpinan dengan karakteristik menjembatani dan mengikat. Contoh yang diangkat dalam artikel ini adalah walikota Belanda. Artikel ini sangat sesuai bagi orang-orang yang tertarik dengan studi kepemimpinan atau ingin meningkatkan kemampuan kepemimpinannya. Untuk mengakses artikel ini, dapat dilakukan secara secara gratis melalui laman resmi jurnal Leadership pada https://journals.sagepub.com/.


2. A meta-analytic review of authentic and transformational leadership: A test for redundancy oleh Banks, G. C., McCauley, K. D., Gardner, W. L., & Guler, C. E. (2016)

Artikel ini menyajikan hasil analisis terhadap kepemimipinan autentik (KA) yang dilakukan dengan metode meta-analisis. Dalam artikel ini KA dibandingkan dengan teori kepemimpinan transformasional. Artikel ini sangat menarik bagi ahli di bidang kepemimpinan, terutama yang memfokuskan penelitian nya mengenai kepemimpinan autentik. Selain itu, artikel ini juga sesuai untuk dibaca oleh masyarakat yang lebih ingin mengetahui konsep-konsep dalam kepemimpinan. Artikel ini dapat diakses secara gratis melalui laman resmi jurnal Leadership Quarterly yang berada pada https://www.sciencedirect.com/. Jurnal ini merupakan jurnal bereputasi internasional kuartil satu (Q1) terindeks Scopus atau menjadi salah satu jurnal dengan peringkat teratas. Selain artikel ini, terdapat anyak pilihan artikel menarik dan berkualitas terkait kepemimpinan.


3. Incorporating social networks into leadership development: A conceptual model and evaluation of research and practice oleh Cullen-Lester, K. L., Maupin, C. K., & Carter, D. R. (2017)

Dalam artikel ini disajikan mengenai pembahasan mengenai bagaimana kepemimpinan dapat ditingkatkan. Artikel ini mengambil perspektif yang berbeda dimana dalam konteks umumnya kepemimpinan diasosiasikan dengan individu, tetapi dalam artikel ini pendekatan lain berupa jaringan sosial juga berpengaruh dalam pengembangan kepemimpinan. Ahli yang tertarik untuk mempelajari konsep lain dari kepemimpinan sangat sesuai untuk membaca artikel ini. Begitu juga dengan masyarakat yang ingin meningkatkan keahliannya dalam kepemimpinan. Artikel ini dapat diakses secara gratis melalui laman resmi jurnal Leadership Quarterly yang merupakan jurnal bereputasi internasional kuartil satu (Q1) terindeks Scopus.


4. Tightening the leash after a threat: A multi-level event study on leadership behavior following the financial crisis oleh Stoker, J. I., Garretsen, H., & Soudis, D. (2019)

Kepemimpinan ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh pemimpin tersebut, faktor krisis keuangan juga dapat berpengaruh terhadap model kepemimpinan yang dipilih. Artikel ini menjelaskan mengenai perilaku kepemimpinan yang dipengaruhi oleh adanya krisis keuangan pada tahun 2008 dengan menganalisis lebih dari 20.000 manajer di 36 negara. Artikel ini sangat sesuai bagi pemimpin yang lebih ingin mengetahui lebih jauh bagaimana faktor konteks, seperti krisis keuangan dapat mempengaruhi metode yang dipilih. Artikel ini dapat diakses secara gratis melalui The Leadership Quarterly yang merupakan jurnal bereputasi internasional kuartil satu (Q1) terindeks Scopus.


5. School leadership in disadvantaged contexts in Spain: Obstacles and improvements oleh Llorent-Bedmar, V., Cobano-Delgado, V., & Navarro-Granados, M. (2017)

Artikel ini mengambil fokus pada kepemimpinan di bidang pendidikan. Studi kasus yang diambil adalah model kepemimpinan dari kepala sekolah di Spanyol dimana di negara ini terjadi peningkatan terhadap tingkat kemiskinan anak. Artikel ini sesuai untuk dibaca bagi petinggi lembaga pendidikan, penggiat pendidikan, dan masyarakat yang ingin mengetahui model kepemimpinan di Lembaga pendidikan. Untuk mengakses artikel ini dapat dilakukan melalui jurnal Educational Management Administration and Leadership.


6. From classroom to conscription. Leadership emergence in childhood and early adulthood oleh Reitan, T., & Stenberg, S.-Å. (2019)

Apabila artikel sebelumnya mengangkat penelitian pada model-model kepemimpinan dan bagaimana meningkatkan kepemimpinan, artikel ini menyajikan mengenai hasil penelitian bagaimana keahlian seseorang untuk menjadi pemimpin muncul di masa anak-anak dan remaja. Artikel ini dapat dibaca oleh masyarakat yang tertarik mengenai bagaimana kepemimpinan terbentuk sejak kecil. Untuk mengakses artikel ini dapat dilakukan melalui laman resmi jurnal Leadership secara gratis.


Daftar Pustaka

  1. Karsten, N., Hendriks, F. (2016) Don’t call me a leader, but I am one: The Dutch mayor and the tradition of bridging-and-bonding leadership in consensus democracies. Leadership. 13(2), 154-172. https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/1742715016651711.

  2. Banks, G. C., McCauley, K. D., Gardner, W. L., & Guler, C. E. (2016). A meta-analytic review of authentic and transformational leadership: A test for redundancy. The Leadership Quarterly, 27(4), 634–652. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2016.02.006

  3. Cullen-Lester, K. L., Maupin, C. K., & Carter, D. R. (2017). Incorporating social networks into leadership development: A conceptual model and evaluation of research and practice. The Leadership Quarterly, 28(1), 130–152. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2016.10.005

  4. Stoker, J. I., Garretsen, H., & Soudis, D. (2019). Tightening the leash after a threat: A multi-level event study on leadership behavior following the financial crisis. The Leadership Quarterly, 30(2), 199–214. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2018.08.004

  5. Llorent-Bedmar, V., Cobano-Delgado, V., & Navarro-Granados, M. (2017). School leadership in disadvantaged contexts in Spain: Obstacles and improvements. Educational Management Administration & Leadership, 47(1), 147–164. https://doi.org/10.1177/1741143217728084

  6. Reitan, T., & Stenberg, S.-Å. (2019). From classroom to conscription. Leadership  emergence in childhood and early adulthood. The Leadership Quarterly, 30(3), 298–319. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2018.11.006

This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia. 


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Nabila Hanum, Balqis Safira, Maulyya Aziza Baaqii, Rahma Nur Amalia, Dini Anggriyani, Ferawati Oktia Nurhayani, Eric Dheva Tachta Armada, Felix, Tim Research Wikilead

#

political leadership (pemimpinan politik), leadership development (pengembangan kepemimpinan), authentic leadership (kepemimpinan autentik), network (jaringan), leadership (kepemimpinan)