Rekomendasi Artikel Jurnal: Komunikasi, Dataset, Data Analytics

Tema:

Data Analitik

Sub Tema:

Komunikasi, Bisnis, Leadership

Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa dunia saat ini dikelilingi data. Bisnis merupakan salah satu yang bermain dengan kumpulan data dan terbukti berguna untuk mendapatkan informasi yang berharga. Oleh karena itu, data cukup banyak berperan di banyak sektor seperti perbankan dan keuangan, media dan entertainment, kesehatan, edukasi, agrikultur, ritel online, dsb. Oleh karena itu, tidak heran apabila data akan terus dipelajari akademisi ataupun praktisi dan dituliskan dalam berbagai bentuk referensi. Berikut beberapa referensi terkait data yang tim wikilead telah himpun :


1. Big Data, new epistemologies and paradigm shifts oleh Kitchin, R. (2014)

“Big Data” merupakan salah satu istilah yang sudah tidak asing lagi di era digital sekarang ini.  Secara harfiah “big data” diartikan sebagai data dengan ukuran dan volume besar.  Karena ukuran dan volumenya, “big data” digunakan untuk mendapatkan insight dan informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan suatu produk atau aktivitas.  Karena fungsi pentingnya ini, seringkali analisis dengan “big data” dijadikan sebagai sumber utama dalam pengambilan keputusan tanpa mempertimbangkan pengetahuan ahli (expert knowledge), praktik ini biasanya disebut telah menantang ilmu asalnya (epistemologi).  Oleh karena itu, jurnal ini memaparkan secara detail tentang fenomena tersebut serta memberikan alasan mengapa kombinasi pengambilan keputusan dari “big data” dan pengetahuan ahli menjadi penting.  Dengan pemaparan yang komprehensif, tentunya jurnal ini sangat cocok menjadi sumber referensi bagi siapa saja yang bekerja di bidang analitik ataupun pengambil keputusan di bisnis.  Untuk membaca keseluruhan jurnal ini, kita bisa mengakses secara bebas (open access) melalui situs SAGE journals.


2. SeaShips: A Large-Scale Precisely Annotated Dataset For Ship Detection oleh Shao, Z., Wu, W., Wang, Z., Du, W., & Li, C. (2018)

Image recognition (pengenalan gambar) adalah suatu pengembangan algoritma Artificial Intelligence (AI) yang kini banyak digunakan diberbagai macam bidang, salah satunya di di bidang transportasi.  Pada paper ini, Shao (2018) membahas dan mendiskusikan dataset yang dinamakan SeaShips sebagai dasar pengembangan tiga algoritma untuk mendeteksi objek kapal.  Dari sini, diketahui bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan algoritma yang dikembangkan.  Jurnal ini sangat cocok menjadi sumber referensi bagi siapa saja yang ingin berkecimpung di bidang AI ataupun analis pengembangan sistem transportasi.  Untuk membaca keseluruhan jurnal ini, kita bisa mengakses secara berbayar (open access) melalui situs IEEE.


3. Optimization of Virtualization Cost, Processing Power and Network Load of 5G Software-Defined Data Centers oleh Salhab, N., Rahim, R., & Langar, R. (2020)

Saat ini, layanan digital menjadi suatu hal yang tidak bisa lepas dari manusia.  Hampir seluruh aktivitas manusia menggunakan layanan digital untuk menunjang kegiatannya, seperti layanan pesan teks (chatting application), layanan video call atau video conference, dll.  Selain itu, dengan adanya perkembangan pemrosesan berbasis cloud diklaim dapat menunjang perkembangan layanan telekomunikasi.  Oleh karena itu, dalam paper ini akan memaparkan dengan detail tentang optimalisasi biaya virtualisasi, daya pemrosesan, dan beban Jaringan dari Pusat Data perangkat lunak 5G. Khususnya, “virtualisasi” menjadi fokus utama pembahasan karena memberikan kelincahan dalam penerapannya, terutama bila digabungkan dengan Cloud yang dinilai efektif dalam penyeimbangan muatan sumber daya.  Topik yang disajikan dalam paper ini sangat cocok menjadi sumber referensi bagi orang yang berkecimpung dalam pengembangan telekomunikasi dan juga siapa saja yang tertarik dalam perkembangan teknologi.  Paper ini dapat dibaca secara lengkap dan berbayar melalui situs IEEE.


4. Tech Is Transforming People Analytics. Is That a Good Thing? oleh Chamorro-Premuzic, T., & Bailie, I. (2020)

Di zaman modern seperti sekarang, perkembangan teknologi sudah tidak dapat dielakkan lagi. Terbukti dengan diterapkannya teknologi di hampir semua bidang dan lini kehidupan manusia. Sumber Daya Manusia (SDM) atau biasa disebut Human Resource (HR) juga tidak luput akan hal ini.  Seperti namanya, dalam suatu bisnis SDM bertugas untuk menyaring dan juga mengelola individu-individu (karyawan) potensial hingga akhirnya dapat memajukan suatu perusahaan.  Dalam pelaksanaannya, tentunya SDM memerlukan suatu sistem yang sistematis dan terukur.  Artikel Harvard Business Review (HBR) ini membahas dan mengajak pembaca untuk merefleksikan penerapan teknologi di bidang people analytic dari sisi positif maupun negatif.  Ringkasnya, people analytic digunakan untuk memantau, dan memahami perilaku (dan pemikiran) karyawan dalam skala luas. Namun disisi lain, penerapan teknologi juga memungkinkan pemberi kerja untuk memanipulasi serta melanggar privasi karyawan.  Artikel ini cocok menjadi referensi bagi individu yang bekerja di bidang HR ataupun penggiat teknologi.  Untuk mengakses keseluruhan artikel ini, kita dapat mengakses secara bebas (free access) dan gratis dengan mendaftar pada situs HBR.


5. Lost in translation, recovered in conversation? Introducing leadership's social media profile oleh Tomkins, L. (2020)

Jurnal ini membahas “kepemimpinan” yang dilakukan pribadi di komunitas media sosial.  Seperti yang telah diketahui, keberadaan media sosial adalah sebagai pendorong pengguna untuk merefleksikan kualitas hubungan, baik di dalam maupun di luar komunitas.  Adapun aspek yang dinilai adalah kedisiplinan, keterasingan, dan tanggung jawab.  Artikel ini dapat menjadi bahan bacaan umum bagi pengguna media sosial dan dan siapa saja yang tertarik dengan pengembangan diri. Untuk mengakses keseluruhan bahan bacaan ini, kita dapat mengakses secara bebas (free access) di situs SAGE journals.


Daftar Pustaka

  1. Kitchin, R. (2014). Big Data, new epistemologies and paradigm shifts. Big Data & Society, 1(1), 205395171452848. https://doi.org/10.1177/2053951714528481

  2. Shao, Z., Wu, W., Wang, Z., Du, W., & Li, C. (2018). SeaShips: A Large-Scale Precisely Annotated Dataset for Ship Detection. IEEE Transactions on Multimedia20(10), 2593–2604. https://doi.org/10.1109/TMM.2018.2865686

  3. Salhab, N., Rahim, R., & Langar, R. (2020). Optimization of Virtualization Cost, Processing Power and Network Load of 5G Software-Defined Data Centers. IEEE Transactions on Network and Service Management, 17(3), 1542-1553. doi:10.1109/tnsm.2020.2990664

  4. Chamorro-Premuzic, T., & Bailie, I. (2020, October 21). Tech Is Transforming People Analytics. Is That a Good Thing? Harvard Business Review; Harvard Business Publishing. https://hbr.org/2020/10/tech-is-transforming-people-analytics-is-that-a-good-thing

  5. Tomkins, L. (2020). Lost in Translation, Recovered in Conversation? Introducing Leadership’s Social Media Profile. Leadership, 16(5), 620–629. https://doi.org/10.1177/1742715020959729


This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia.


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


_________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Fathia Az'zahra, Fadil Muhammad Nasrudy, Zafira Amani, Adinda Angel Aulia Dewi Prasetya, Reno Afriano, Utari Ayuningtyas


#

Big Data (Mahadata), Data analytics (Analitik Data), Epistemology (Epistemologi), Paradigms (Paradigma), Data-driven science (Ilmu berdasarkan data), Digital humanities (Humaniora digital), Computational social sciences (Ilmu sosial komputasi), Cloud computing (komputasi awan), leadership (kepemimpinan)