Rekomendasi Artikel Jurnal: Komunikasi, Jurnalisme

Tema:

Komunikasi

Sub Tema:

Jurnalisme

Dalam menyampaikan suatu informasi, bahasa dan komunikasi adalah bagian penting yang harus dikuasai jurnalisme dalam mengumpulkan dan menyampaikan berbagai informasi.  Oleh karena itu, keberhasilan jurnalis dalam mengkomunikasikan suatu informasi tidak hanya tergantung pada apa informasi yang disampaikan, namun juga bagaimana informasi tersebut disampaikan.  Berikut beberapa referensi terkait dengan jurnalisme dalam berbagai subjek yang telah tim wikilead himpun.  


1. Malleable Multiplicity and Power Reliance: Identity Presentation by Chinese Journalist on Social Media oleh Wang, D., Huang, V. L., & Guo, S. Z. (2020)

Paper ini mengangkat tema jurnalisme dengan membahas aktivitas penggiat jurnalisme di Tiongkok.  Penulis membahas secara mendetail tentang ekosistem media di Tiongkok dan ketergantungan media Tiongkok terhadap Pemerintah, serta kompromi antara idealisme jurnalis dan kepentingan pihak luar yang harus dibuat sebagai akibat dari ketergantungan tersebut.  Paper ini cocok menjadi referensi bagi penggiat jurnalisme Internasional, maupun pihak awam yang ingin mengetahui kondisi media di Tiongkok.  Untuk membaca keseluruhan paper, kita dapat mengakses secara bebas (free access) melalui situs Taylor Francis Online.  


2. Engaging Citizens for Climate Change-Challenger for Journalism oleh Appelgren, E., & Jönsson, A. M. (2020)

Kita semua pasti sudah akrab dengan istilah ataupun isu perubahan iklim yang cukup sering dibahas di berbagai forum maupun media.  Tujuan diangkatnya isu ini tak lain untuk meningkatkan tingkat kesadaran masyarakat awam sehingga masyarakat dunia secara kolektif dapat memperlambat laju pemanasan global.  Lalu, apakah media telah sukses dalam perannya? Paper ini membahas secara mendalam mengenai data jurnalisme terkait perubahan iklim oleh yang tersedia di database Pemerintah Swedia.  Paper ini dapat dibaca keseluruhan secara terbuka (open access) melalui situs Taylor Francis Online.  


3. Maasai on the phone: materiality, tourism, and the extraordinary in Zanzibar oleh Avieli, N., & Sermoneta, T. (2020)

Paper ini menyuguhkan penjabaran dari segi jurnalisme tentang tradisi masyarakat Masai untuk menarik turis dan meningkatkan pariwisata di daerahnya.  Masyarakat Masai akan mengenakan berbagai macam aksesoris dari aksesoris tradisional hingga modern sebagai cara untuk menarik perhatian pengunjung.  Namun, strategi untuk menarik pengunjung seperti itu seringnya dianggap terlalu berlebihan.  Dari sini muncul istilah ‘Materiality’ yang mendasari perilaku masyarakat Masai.  Untuk membaca pembahasan mengenai budaya masyarakat Masai, paper ini dapat diakses secara terbuka di situs nature jurnal sub bagian ‘humanities and sciences communication’.    


4. Thinking about The Media: A Review of Theory and Research on Media Perceptions, Media Effects Perceptions, and Their Consequences oleh McLeod, D. M., Wise, D., & Perryman, M. (2017)

Persepsi dapat diartikan sebagai “penerimaan masyarakat dalam mengkonsumsi informasi yang disajikan media” yang dapat dijelaskan melalui pertanyaan “bagaimana suatu informasi digunakan oleh masyarakat sebagai landasan untuk menanggapi suatu isu?”.  Tidak jarang, informasi yang diberikan mengandung bias yang kenyataannya dapat menggiring opini masyarakat.  Dalam paper ini, penulis menjelaskan secara ilmiah dan mendetail terkait persepsi yang datang dari media dan juga pengaruhnya terhadap masyarakat sebagai pihak yang mengonsumsi.   Paper ini sangat direkomendasikan bagi masyarakat umum agar dapat menyaring informasi secara tepat dan benar.  Pembaca dapat mengakses keseluruhan bacaan paper secara terbuka (open access) pada situs Review of Communication Research.  


Daftar Pustaka

  1. Wang, D., Huang, V. L., & Guo, S. Z. (2020). Malleable Multiplicity and Power Reliance: Identity Presentation by Chinese Journalists on Social Media. Digital Journalism, 1–18. https://doi.org/10.1080/21670811.2020.1832900

  2. Appelgren, E., & Jönsson, A. M. (2020). Engaging Citizens for Climate Change—Challenges for Journalism. Digital Journalism, 1–18. https://doi.org/10.1080/21670811.2020.1827965

  3. Avieli, N., & Sermoneta, T. (2020). Maasai on the phone: materiality, tourism, and the extraordinary in Zanzibar. Humanities and Social Sciences Communications, 7(1). https://doi.org/10.1057/s41599-020-00607-7

  4. McLeod, D. M., Wise, D., & Perryman, M. (2017). Thinking about the media: A review of theory and research on media perceptions, media effects perceptions, and their consequences. Review of Communication Research, 5,35-83. doi:10.12840/issn.2255- 4165.2017.05.01.013


This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia.


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.

___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Raden Ayu Nabillah Puteri, Aditya Mahyudi, Mutiara Annisa Sinaga, Alexander J.P. Sibarani, Dyantika PM.


#

climate change (perubahan iklim), data journalism (jurnalisme data), media perceptions (persepsi media), Maasai (Maasai)