Rekomendasi Artikel Jurnal: Pemahaman Membaca

Tema:

Pendidikan

Sub Tema:

Pemahaman Membaca

Pemahaman membaca adalah kemampuan untuk memahami maksud dari sebuah bacaan, mengolah informasi, dan menyampaikan kembali isi dari teks tersebut. Melalui pendidikan, manusia mempelajari keterampilan pemahaman membaca yang mencakup perbendaharaan kata dan analisis teks kritis. Berikut beberapa paper tentang pemahaman membaca yang tim Wikilead telah himpun:


1.  Don’t Throw Away Your Printed Books: A Meta-Analysis on The Effect of Reading Media on Reading Comprehension oleh Delgado et al. (2018)

Seiring dengan perkembangan zaman yang telah meningkatkan dominasi bacaan digital dibanding bacaan kertas, artikel yang memuat hasil penelitian meta-analisis dalam kurun waktu 2000-2017 ini mendeskripsikan tentang perbandingan efek pembelajaran menggunakan bacaan keras dan digital terhadap pemahaman membaca. Dalam melakukan penelitian, 171.055 partisipan dilibatkan dalam analisis implikasi teoritis menggunakan tiga variabel, yaitu kerangka waktu, genre teks, dan tahun publikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembacaan berbasis kertas lebih unggul karena memberikan hasil pemahaman yang lebih baik daripada bacaan berbasis digital. Pembahasan tentang perbandingan keefektifan pemahaman membaca ini membuat artikel ini cocok untuk dijadikan referensi dalam memilih media yang tepat untuk proses belajar mengajar bagi para tenaga kerja kependidikan. Isi keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) di website Science Direct.


2.  Inequality in Reading and Math Skills Forms Mainly Before Kindergarten: A Replication, and Partial Correction, of “Are Schools The Great Equalizer?” oleh Paul T. von Hippel, Joseph Workman, Douglas B. Downey (2018)

Kemampuan pemahaman membaca pada anak-anak sering kali disangkut pautkan dengan pendidikan yang mereka dapat di masa sekolah. Beberapa penelitian mengklaim bahwa ketidaksetaraan tumbuh terutama sebelum usia sekolah, sedangkan penelitian lainnya mengklaim bahwa di masa sekolah lah ketidaksetaraan akan tumbuh. Untuk menguji pernyataan tersebut, artikel ini memuat studi yang dilakukan pada tahun 2004 berjudul “Apakah Sekolah adalah Penyetara yang Hebat?” yang mencari tahu faktor yang menyebabkan anak-anak menjadi tidak setara dalam kemampuan membaca dan matematika di tingkat taman kanak-kanak. Pengujian ini melibatkan analisis terhadap kesenjangan sosial dan ekonomi, kualitas sekolah dan juga usia siswa masuk sekolah. Artikel ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan landasan penelitian terkait kualitas pendidikan di sekolah. Isi keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) di website SAGE Journals.


3.  Critical Reading, Critical Thinking: Delicate Scaffolding In English for Academic Purposes (EAP) oleh Kate Wilson(2016)

Mengembangkan kemampuan membaca secara kritis sangat penting bagi calon mahasiswa. Dalam menyediakan program untuk menambah pemahaman tentang membaca secara kritis, kursus dalam Bahasa Inggris untuk kepentingan akademis/ Courses in English for Academic Purposes (EAP) merupakan program yang dinilai cukup efektif dalam memberkan sorotan tentang bagaimana hal ini dapat mudah dimengerti para remaja. Artikel ini mencakup informasi terkait temuan studi etnografi dari konteks belajar-mengajar di EAP Australia di kelas persiapan universitas dan hubungan pedagogi ini dengan teori berpikir kritis yang diidentifikasi oleh David dan Barnett (2015) dengan berfokus pada beberapa tingkat keterampilan kognitif siswa. Artikel ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan referensi bacaan terkait pendidikan tambahan bagi calon mahasiswa. Isi keseluruhan paper ini dapat diakses secara bebas (free access) di website Science Direct.


Daftar Pustaka

  1. Delgado, P., Vargas, C., Ackerman, R., Salmerón, L. (2018). Don't throw away your printed books: A meta-analysis on the effects of reading media on reading comprehension. Educational Research Review. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.09.003.

  2. von Hippel, P. T., Workman, J., & Downey, D. B. (2018). Inequality in Reading and Math Skills Forms Mainly before Kindergarten: A Replication, and Partial Correction, of “Are Schools the Great Equalizer?” Sociology of Education91(4), 323–357. https://doi.org/10.1177/0038040718801760

  3. Wilson, K. (2016). Critical reading, critical thinking: Delicate scaffolding in English for Academic Purposes (EAP). Thinking Skills and Creativity, 22, 256–265. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.10.002


This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia.


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Namira Puteri Rahmadiani, Putri Aulia Syafina, Brigitta Dyah Utami, Btari Gaia, Mohammad Salman Subki, Isnaini Roro Pertiwi, Paulus Hared Samosir.

#

critical reading (membaca kritis), reading comprehension (pemahaman membaca), reading skill (kemampuan membaca), teaching and learning activities (kegiatan belajar mengajar)