Rekomendasi Artikel Jurnal: Pembelajaran dan Kinerja

Tema:

Pengembangan Diri

Sub Tema:

Pembelajaran dan Kinerja/ Performa

Sepanjang hidup manusia, pasti akan terus-menerus belajar. Dengan belajar, kita dapat meningkatkan kualitas diri dan memperbaiki kinerja kita dalam hal yang kita tekuni. Oleh karena itu, topik pengembangan diri merupakan suatu hal yang krusial dalam hidup manusia. Berikut beberapa referensi terkait pembelajaran maupun kinerja/performa yang Tim Wikilead telah himpun:


1.  Writing about Personal Goals and Plans Regardless of Goal Type Boosts Academic Performance oleh Schippers et al. (2020)

Paper ini membahas terkait performa, khususnya keterkaitan antara menulis tujuan pribadi dengan performa akademik. Secara mendetail, paper ini membahas bagaimana menulis tujuan pribadi, baik terkait akademis maupun non-akademis dapat meningkatkan performa akademis. Hal ini disimpulkan dari hasil penelitian terhadap nyaris 3000 mahasiswa sarjana yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok yang menuliskan tujuan pribadi dan kelompok yang dikontrol. Karena pembahasannya lebih pada peningkatan performa akademik, maka paper ini cocok untuk para siswa maupun mahasiswa yang sedang mencari cara untuk meningkatkan nilainya, atau untuk tenaga pendidik maupun masyarakat yang memiliki perhatian pada dunia pendidikan. Untuk membaca keseluruhan paper ini, kita dapat mengakses dengan bebas (open access) dan gratis dengan mengunjungi situs Science Direct.


2.  Reflexivity and Self-development of Competencies as Key Drivers in Individuals’ Learning and Career Paths: Cases from Italy oleh Massimo Tomassini dan Silvia Zanazzi (2014)

Artikel ini membahas mengenai pembelajaran, lebih tepatnya keterkaitan antara pembelajaran dengan “kesuksesan” kehidupan. Menurut hasil studi yang dilakukan kepada 21 responden mengenai pengalaman mereka, terdapat keterkaitan antara konstruksi identitas diri dengan keberhasilan dalam hidup, seperti mendapat pekerjaan, pengakuan sosial, dan kepuasan secara umum. Konstruksi diri tersebut diperoleh dari pengembangan diri yang aktif dan disengaja, baik melalui pendidikan formal maupun dari pengalaman. Artikel yang banyak membahas refleksi diri ini cocok untuk dibaca masyarakat umum yang sedang mencari cara untuk memperbaiki diri, maupun professional yang bekerja di bidang pendidikan dan pengembangan. Untuk membaca keseluruhan artikel ini, dapat diakses secara bebas (free access) dan gratis dengan mengunjungi laman Sage Journals.


3.  Learning to Avoid Spiders: Fear Predicts Performance, Not Competence oleh Xijia Luo, Eni S. Becker, Mike Rinck (2018)

Paper ini membahas terkait pembelajaran dan performa, khususnya terkait dengan pembelajaran dan performa saat menghadapi suatu ketakutan. Dalam paper ini, dijelaskan mengenai hasil eksperimen yang dilakukan terhadap orang yang takut pada laba-laba, dimana mereka diminta untuk memilih untuk membuka 1 dari 3 kotak berbeda dengan probabilitas yang beragam. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan antara yang takut laba-laba dan tidak sama saja, dengan probabiltas menghindari lebih besar saat memang probabilitas diatur lebih besar untuk menghindari laba-laba. Paper ini cocok untuk para psikolog yang sedang mendalami kognisi manusia. Paper ini dapat diakses secara bebas (open access) dan gratis dengan mengunjungi situs Taylor & Francis Online.


4.  The Meaning of Life Diagram oleh Larry Culliford (2014)

Makalah ini membahas terkait pembelajaran, secara spesifik tentang diagram hidup dan keterkaitannya dengan berbagai aspek dalam kehidupan. Paper ini membahas bagaimana diagram kehidupan dapat menunjukkan perkembangan kehidupan. Diagram ini menghubungkan antara psikologi dan spiritualitas dan berhubungan langsung dengan berbagai disiplin ilmu. Makalah ini cocok untuk seluruh masyarakat yang ingin memahami lebih lanjut tentang psikologi dan spiritualitas. Makalah ini dapat diakses secara bebas (open access) dan gratis dengan mengunjungi laman Taylor & Francis Online.


5.  Professional Communication in a Global Business Context: The Notion of Global Communicative Competence oleh Leena Louhiala-Salminen dan Anne Kankaanranta (2011)

Artikel ini membahas mengenai pembelajaran, khususnya terkait dengan kompetensi komunikasi dalam tataran global. Artikel ini membahas hasil survey yang dilakukan pada pakar bisnis mengenai kompetensi komunikasi dalam skala global yang menemukan bahwa dari segi pandang bahasa, khususnya Bahasa Sehari-hari (English as a Lingua Franca/ELF) telah diabaikan. Dari hasil studi tersebut, disusun model Kompetensi Komunikasi Global (Global Communicative Competence/GCC) yang dapat diterapkan secara praktis. Artikel ini cocok untuk para pengusaha maupun professional yang berkecimpung di bidang bisnis global. Artikel dapat diakses secara bebas dengan membuat akun di situs IEEE Xplore.


Daftar Pustaka

  1. Schippers, Michaéla C., et al. “Writing about Personal Goals and Plans Regardless of Goal Type Boosts Academic Performance.” Contemporary Educational Psychology, vol. 60, 1 Jan. 2020, p. 101823, www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0361476X1930428X, 10.1016/j.cedpsych.2019.101823.

  2. Tomassini, M., & Zanazzi, S. (2014). Reflexivity and Self-development of Competencies as Key Drivers in Individuals’ Learning and Career Paths: Cases from Italy. Research in Comparative and International Education, 9(3), 301–312. https://doi.org/10.2304/rcie.2014.9.3.301

  3. Luo, X., Becker, E. S., & Rinck, M. (2018). Learning to avoid spiders: fear predicts performance, not competence. Cognition & emotion, 32(6), 1291–1303. https://doi.org/10.1080/02699931.2017.1411784

  4. Culliford, L. (2014). The Meaning of Life Diagram. Journal for the Study of Spirituality, 4(1), 31–44. https://doi.org/10.1179/2044024314z.00000000019

  5. Louhiala-Salminen, L., & Kankaanranta, A. (2011). Professional Communication in a Global Business Context: The Notion of Global Communicative Competence. IEEE Transactions on Professional Communication, 54(3), 244–262. https://doi.org/10.1109/tpc.2011.2161844


This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia.


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Dhianti Afifah Nabila Yudhy, Affiah Ramaditha Putri, Vivian Ardennisia, Muhammad Camikara Abimantrana Yuwono, Aprilia Ratna Ning Tyas, Ruthcharuni Permatasari, Isnaini Roro Pertiwi, Paulus Hared Samosir, Yovan Adiyanto, Zumadilah Amalia.

#

academic performance (performa akademik), self-development (pengembangan diri), psychology (psikologi), competence (kompetensi)