Rekomendasi Artikel Jurnal: Pendidikan, Self-development

Tema:

Pendidikan

Sub Tema:

Pengembangan diri, Guru

Seperti yang diamanatkan oleh UUD 1945, bahwa setiap anak bangsa harus mendapatkan akses pendidikan yang sama dan merata. Hal ini membuat peranan guru sebagai konselor, pendidik dan agen pengembangan diri siswa sangat dibutuhkan saat ini.  Seorang guru membutuhkan kemampuan kognitif, kecerdasan, inovasi dan efektivitas dalam mengajar supaya dapat membantu siswa dalam proses pembelajarannya maupun perkembangan diri mereka.  Oleh karena itu, tim Wikilead berhasil menghimpun beberapa referensi ilmiah dari berbagai sumber terkait pendidikan diantaranya : 


1. Smart teachers, successful students? A systematic review of the literature on  teachers’ cognitive abilities and teacher effectiveness oleh Bardach, L., & Klassen, R. M. (2020)

Paper ini mengangkat tema pendidikan dengan subtema guru dan pengembangan diri.  Dalam pemaparannya, paper ini menjelaskan bagaimana hubungan antara kemampuan kognitif dengan efektivitas guru dalam memberikan pembelajaran.  Dari penelitian ini, didapatkan fakta bahwa semakin tinggi kemampuan kognitif yang dimiliki seorang guru hal ini akan meningkatkan efektivitasnya dalam memberikan pengajaran. Paper ini sangat cocok dibaca oleh para guru sebagai agen yang mempengaruhi pengembangan diri siswanya. Untuk mendapatkan dan membaca review secara lebih lengkap dapat mengaksesnya secara online di kumpulan Educational Research Review, 30, 100312.


2. The Learning of Teaching: A Portrait Composed of Teacher Voices oleh LIEFSHITZ, I. A. (2020)

Paper bertema pendidikan dan ditulis oleh Irene A. Liefshitz   menjelaskan perbedaan tentang proses belajar serta cara mengajar dari tiap individu guru yang berbeda.  Daftar metode yang digunakan didapat melalui dokumentasi percakapan bebas dan spontan sejumlah guru yang dikumpulkan. Metode dokumentasi ini dapat menjadi sarana pembelajaran untuk semua pihak jika ditafsirkan secara mendalam dan berguna bagi StoryCorps National Teacher Initiative sebagai sumber data aspirasi para guru.  Paper ini dapat diakses bebas di halaman Harvard Educational Review.


3. University teachers’ conceptions of their current and ideal intermediate assessment : an A+ is good, but speaking your mind is better oleh Day, I. N. Z., van Blankenstein, F. M., Westenberg, P. M., & Admiraal, W. F. (2018)

Masih bertema tentang pendidikan, namun berfokus pada sistem penilaian transformasional bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Selama ini para dosen melakukan format penilaian sendiri seperti yang dilakukan tiga belas dosen yang mengajar hukum, psikologi, dan kriminologi, dengan menghilangkan penilaian praktik.  Penilaian akhir dosen yang hanya berfokus pada teori dari proses pembelajaran memang sudah dinilai transformasional namun belum mencakup aspek praktikal dari mahasiswa. Paper ini cocok dibaca untuk dosen dan mahasiswa sebagai referensi bagaimana menciptakan dan memahami konsep sebuah penilaian akhir yang ideal dan mencakup aspek teori maupun praktik. Pembaca dapat mengaksesnya di jurnal Studies in Higher Education edisi tahun 2018 secara gratis dan online.


4. Student’s questions: a potential resource for teaching and learning science oleh Chin, C., & Osborne, J. (2008)

Paper ini akan menjelaskan bagaimana pertanyaan yang ditanyakan oleh siswa di kelas digunakan sebagai bahan untuk merumuskan materi pembelajaran yang sesuai.  Berdasarkan permasalahan ini, penulis mencoba mengkaji dampak  pertanyaan dari siswa dari sudut pandang hubungan guru dan siswa. Fokus yang digunakan di penelitian ini adalah jenis pertanyaan, dampak dari mengajarkan siswa bertanya, hubungan pertanyaan siswa terhadap variabel tertentu dan respon guru dan persepsi siswa atas pertanyaan yang diajukan dari siswa. Paper ini sangat tepat dibaca guru dan siswa dan diperoleh secara gratis di jurnal Studies in Science Education yang diterbitkan di tahun 2008.


5. Effects of teacher feedback behavior on social acceptance in inclusive elementary classrooms: Exploring social referencing processes in a natural setting oleh Wullschleger, A., Garrote, A., Schnepel, S., Jaquiéry, L., & Moser Opitz, E. (2020)

Paper ini mempelajari tentang respon yang diberikan pengajar kepada siswa selama proses belajar mengajar dan diluar suasana mengajar. Hasil studi paper menjelaskan bahwa selama ini pengajar selama ini memiliki pemahaman yang kurang tepat tentang penerimaan siswa dalam proses belajar. Paper ini cocok dibaca oleh guru, siswa dan pemerhati pendidikan. Pembaca yang ingin membaca versi fullnya yaitu di Contemporary Educational Psychology diterbitkan tahun 2020.


6. Teaching innovation: Equipping students to overcome real-world challenges oleh Foster, J., & Yaoyuneyong, G. (2016)

Inovasi bisnis saat ini perlu dilakukan oleh semua pihak tak terkecuali di dunia pendidikan utamanya bagi mahasiswa bisnis. Tantangan umum dialami oleh mahasiswa bisnis dalam memulai karir diantaranya inovasi, kolaborasi lintas disiplin, dan bagaimana mengkomunikasikan inovasinya di dunia nyata.  Oleh karena itu, paper ini membahas bagaimana dua mahasiswa interdisipliner berkolaborasi dalam mengerjakan proyek berbasis klien. Hasil membuktikan dengan kolaborasi yang dilakukan, kedua mahasiswa dapat merasakan dampak positif dari sebuah kerjasama serta saling bahu-membahu menghadapi kesulitan yang tidak dipahami oleh masing-masing. Paper ini sangat direkomendasikan bagi pemerhati pendidikan dan bisnis dan dapat dibaca secara online dan gratis di Jurnal Higher Education Pedagogies volume 1 pada tahun 2016.


Daftar Pustaka

  1. Bardach, L., & Klassen, R. M. (2020). Smart teachers, successful students? A systematic review of the  literature on teachers’ cognitive abilities and teacher effectiveness. Educational Research Review, 30, 100312. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100312

  2. LIEFSHITZ, I. A. (2020). The Learning of Teaching: A Portrait Composed of Teacher Voices. Harvard Educational Review, 90(3), 349–370. https://doi.org/10.17763/1943-5045-90.3.349

  3. Day, I. N. Z., van Blankenstein, F. M., Westenberg, P. M., & Admiraal, W. F. (2018). University teachers’ conceptions of their current and ideal intermediate assessment: an A+ is good, but speaking your mind is better. Studies in Higher Education, 44(12), 2223–2234. https://doi.org/10.1080/03075079.2018.1483326

  4. Chin, C., & Osborne, J. (2008). Students’ questions: a potential resource for teaching and learning science. Studies in Science Education, 44(1), 1–39. https: doi.org/10.1080/03057260701828101

  5. Wullschleger, A., Garrote, A., Schnepel, S., Jaquiéry, L., & Moser Opitz, E. (2020). Effects of teacher feedback behavior on social acceptance in inclusive elementary classrooms: Exploring social referencing processes in a natural setting. Contemporary Educational Psychology, 60, 101841. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101841

  6. Foster, J., & Yaoyuneyong, G. (2016). Teaching innovation: equipping students to overcome real-world challenges. Higher Education Pedagogies, 1(1), 42–56. https://doi.org/10.1080/23752696.2015.1134195


This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia.


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Adinda Angel Aulia Dewi Prasetya, Aanisah Hanuun, Chelsea Aprilia Goszal, Zahradita Widhayanti, Nabila Elsya, Dzikrina Iffa Yohanida, Diya Khoirun Nisa

#

self-development (pengembangan diri), Teacher (Guru)