Rekomendasi Artikel Jurnal: Pendidikan Jarak Jauh, Pendidikan Tinggi, Komunikasi, Kewirausahaan

Tema:

Pendidikan

Sub Tema:

Pendidikan Jarak Jauh, Pendidikan Tinggi, Komunikasi, Kewirausahaan

Pendidikan adalah sebuah proses dimana orang yang tidak tahu menjadi tahu, dan dimana orang yang tidak bisa menjadi bisa. Dimasa modern ini, sistem pendidikan pun dituntut untuk bisa memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Berikut adalah jurnal – jurnal dengan tema pendidikan dalam berbagai subjek dan bahasan yang cocok untuk dijadikan referensi untuk meningkatkan dampak nyata dari pendidikan bagi masyarakat luas.


1.  Factors influencing the use of e-learning facilities by students in a private Higher Education Institution (HEI) in a developing economy oleh Sunday C. Eze, Vera C. A. Chinedu-Eze, Clinton K. Okike & Adenike O. Bello (2020)

Jika kebanyakan penelitian adopsi e-Learning berfokus pada penggunaannya di Institusi Pendidikan Tinggi Negeri di Nigeria. Maka artikel ini mengangkat tema berbeda, yaitu faktor – faktor yang mempengaruhi penggunaan e-Learning oleh pelajar di Institusi Pendidikan Tinggi Swasta di Nigeria, dengan menggunakan kerangka Teknologi Organisasi – Lingkungan (TOE). Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor teknologi (kemudahan penggunaan, kecepatan akses, dan pelayanan), faktor organisasi (pemberian pelatihan dan keanekaragaman informasi yang disediakan), faktor  lingkungan (sikap para pengguna) dan faktor hasil (pengalaman belajar, pengembangan kemampuan, prestasi akademik, dan tingkat penggunaan) adalah faktor – faktor yang mempengaruhi pelajar menggunakan fasilitas e-Learning. Penelitian ini juga menginformasikan tehnik – tehnik yang berpotensi meningkatkan pengembangan struktur e-Learning di  Institusi Pendidikan Tinggi Swasta dan bisa menambah komunitas pelajar untuk menggunakan fasilitas e-Learning secara reguler. Paper ini dapat diakses secara bebas (open access) dan gratis di situs Springer.


2.  Webinars in higher education and professional training: A metaanalysis and systematic review of randomized controlled trials oleh Andreas Gegenfurtner dan Christian Ebner (2019)

Webinar diartikan sebagai seminar melalui web, dimana semua penggunanya baik fasilitator dan partisipan berkomunikasi melalui internet tanpa dibatasi jarak dengan menggunakan platform virtual dan berinteraksi bersamaan secara langsung dengan teknologi digital telpon suara dan kamera web. Sebelumnya, banyak penelitian meragukan efektifitas webinar dalam membantu prestasi siswa. Adanya penelitian ini adalah untuk menjawab seberapa efektif webinar dalam membantu siswa memperoleh prestasi? Dan hal apa saja yang mempengaruhi efektifitas webinar? Hasil menunjukkan bahwa webinar sedikit lebih efektif dibanding dengan pertemuan tatap muka dalam kelas, tapi perbedaannya sangat sedikit. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh webinar, partisipan, prestasi, dan faktor publikasi. Peneliti berharap, adanya penelitian ini bisa menambah informasi bagi guru sekolah, pengajar, pelatih, teknologi, dan teoris yang tertarik pada desain yang didukung komputer, implementasi, penyampaian, pengajaran, dan asesmen dari lingkungan belajar dari webinar. Paper ini dapat diakses secara bebas (open access) dan gratis di situs Science Direct.


3.  Fifty Years since the Coleman Report: Rethinking the Relationship between Schools and Inequality oleh Douglas B. Downey dan Dennis J. Condron (2016)

Penelitian Sosiologi Pendidikan ini adalah pengembangan lebih lanjut dari laporan Coleman di tahun 1966 mengenai hubungan antara sekolah dan ketidaksetaraan. Laporan Coleman menyatakan bahwa sekolah memiliki peran kecil dalam menciptakan kesenjangan prestasi, yang didukung oleh para peneliti sosial yang menemukan bahwa sekolah memberikan pelayanan berbeda pada setiap anak. Akibatnya, banyak perspektif yang memandang sekolah sebagai tempat yang membentuk ketidaksetaraan mendominasi sosiologi pendidikan modern. Pendapat tersebut adalah alasan penelitian ini dilakukan, untuk memperbaiki pendapat tersebut dengan mengusulkan kerangka refraksi, perspektif tentang sekolah dan ketidaksetaraan dituntun oleh asumsi bahwa sekolah mungkin membentuk ketidaksetaraan pada hal berbeda dengan cara berbeda. Dari perspektif yang lebih seimbang ini, sekolah mungkin memang membuat atau memperburuk ketidaksetaraan, tapi sekolah juga membantu pada hal lain –kesenjangan sosial ekonomi dalam kemampuan berpikir khususnya. Paper ini dapat diakses secara bebas (open access) dan gratis pada situs SAGE Journals.


4.  Distributed Leadership and Bureaucracy oleh Jacky Lumby (2017)

Artikel ini merupakan tambahan literatur bagi organisasi pasca-birokrasi yang membahas kepemimpinan yang terbagi. Artikel ini mengeksplorasi gagasan bahwa birokrasi adalah alat untuk membentuk dan menahan kekuasaan dengan cara yang canggih dan telah berkembang pesat sejak ide awal Weber, selain itu artikel ini juga menguraikan perkembangan dari kepemimpinan yang terbagi serta mengkritik pernyataan yang menawarkan untuk redistribusi kepemimpinan, alasannya adalah bahwa sedikit bukti yang menyatakan hal ini bisa terjadi dengan cara yang bisa dipercaya. Kesimpulan yang bisa ditarik adalah birokrasi menawarkan pendekatan yang lebih realistis dan lebih dalam tentang masalah kepemimpinan atau kekuasaan, dan bagi yang menolak sistem birokrasi  dengan menjadikan sasaran kritik, sengaja mengabaikan aspek penting dari memimpin organisasi. Sehingga, jika para pemimpin pendidikan ingin mengubah pendidikan, harus terlibat secara positif dengan birokrasi. Paper ini dapat diakses secara bebas (open access) dan gratis di situs SAGE Journals.


5.  Reconceptualizing the role of the future entrepreneurship educator: an exploration of the content challenge oleh Colette Henry (2020)

Paper ini menjelaskan apa yang harus diajarkan bagi pendidik bidang wirausaha dimasa yang akan datang secara kritis. Dengan memahami faktor – faktor yang mempengaruhi bahan ajar, bisa meningkatkan kualitas dan efektivitas dari program pendidikan wirausaha dimasa yang akan datang. Pertanyaan utama dalam paper ini adalah: kategori pengaruh apa saja yang berdampak pada pembuatan bahan ajar? Dan, bagaimana pendidik wirausaha dimasa yang akan datang menyampaikannya pada muridnya? Paper ini memberikan sumbangan teori pada pendidikan wirausaha dan prakteknya dengan meningkatkan pemahaman berbagai faktor dari pendidikan wirausaha, menjelaskan bahaya dari mencoba terlalu banyak, dan membuat teori dari rekonseptualisasi terhadap peran pendidik wirausaha dimasa yang akan datang sebagai ‘fasilitator wirausaha yang unik’. Paper ini dapat diakses secara bebas (open access) dan gratis di situs Taylor & Francis Online.


Daftar Pustaka

  1.  Eze, S. C., Chinedu-Eze, V. C. A., Okike, C. K., & Bello, A. O. “Factors influencing the use of e-learning facilities by students in a private Higher Education Institution (HEI) in a developing economy.” Humanities and Social Sciences Communications, vol. 7, no. 133, 2020, pp. 1–15. https://doi.org/10.1057/s41599-020-00624-6. Diakses tanggal 17 Desember 2020.

  2. Gegenfurtner, A., & Ebner, C., “Webinars in higher education and professional training : A meta-analysis and systematic review of randomized controlled trials.” Educational Research Review, vol. 28, no. 100293, 2019, pp. 1 – 19. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100293. Diakses tanggal 17 Desember 2020.

  3. Downey, B. D., & Condron, D. J., “Fifty Years since the Coleman Report: Rethinking the Relationship between Schools and Inequality.” Sociology of Education, vol. 89, no. 3, 2016, pp. 1 – 14. https://doi.org/10.1177%2F0038040716651676. Diakses tanggal 17 Desember 2020.

  4.  Lumby, J., “Distributed Leadership and Bureaucracy” Educational Management Administration & Leadership, vol. 47, 2017, pp. 5 – 19. https://doi.org/10.1177/1741143217711190. Diakses tanggal 18 Desember 2020.

  5. Henry, C., “Reconceptualizing the role of the future entrepreneurship educator: an exploration of the content challengeEntrepreneurship & Regional Development, 2020, pp. 1 – 20. : https://doi.org/10.1080/08985626.2020.1737416. Diakses tanggal 20 Desember 2020.


This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia.


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Prasasty Lhuky Tiarani, Renato Simon Lawalata, Fithroturrohmah, Heriyanto, Asyshifa Ayu Shina Imani, Fadia Nur Ainina, Zumadilah Amalia, Mohammad Salman Subki, Isnaini Roro Pertiwi, Felix, Kresna Murti Wasudewa.

#

communication (komunikasi), education (pendidikan), leadership (kepemimpinan), entrepreneurship (kewirausahaan)