Rekomendasi Artikel Jurnal: Pengasuhan Anak-anak

Tema:

Pengasuhan

Sub Tema:

Tembakau, Merokok, Rokok Elektrik

Merokok merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan di kalangan remaja. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi, merokok tidak hanya dapat dilakukan menggunakan rokok konvensional, rokok elektrik pun menjadi salah satu alternatif baru bagi masyarakat. Berikut adalah beberapa artikel jurnal menarik yang dapat dibaca dalam hal topik rokok elektrik dan merokok. Kedua artikel ini menampilkan sudut pandang yang berbeda, dimana artikel pertama meninjau dari hubungannya dengan kampanye di sosial media dan artikel kedua pada korelasinya dengan diagnosis COVID-19.


1. Social Media Message Designs to Educate Adolescents About E-Cigarettes oleh Lazard, Allison J. (2020)

Selama ini media sosial dikenal sebagai wadah untuk melakukan sosialisasi. Beragam pilihan media sosial ditawarkan ke masyarakat dan menjadi pilihan yang menarik untuk mengisi waktu luang. Banyak nilai positif yang dimiliki media sosial, salah satunya adalah memberikan edukasi ke masyarakat, khususnya remaja.  Rokok elektrik merupakan salah satu isu yang menjadi perbincangan di kalangan remaja.  Meskipun memiliki karakteristik yang berbeda dengan rokok konvensional, rokok elektrik juga memiliki resiko.  Secara umum, artikel ini mengangkat dua topik, yaitu rokok elektrik dan sosial media, dan bagaimana sosial media dapat digunakan untuk melakukan kampanye bahaya rokok elektrik.  Artikel ini sangat menarik untuk dibaca bagi siapapun yang tertarik pada bidang kesehatan dan isu rokok elektrik, terutama bagi mereka yang bergerak dalam kampanye kesehatan.  Selain itu, bagi masyarakat umum yang bekerja di bidang sosial media, artikel ini juga dapat menjadi salah satu referensi tentang bagaimana peran media sosial dalam menyebarkan pesan dan informasi.  Untuk mengakses artikel ini, dapat dilakukan secara secara gratis melalui laman resmi Journal of Adolescent Health pada https://www.jahonline.org.  Journal of Adolescent Health merupakan jurnal bereputasi internasional kuartil satu (Q1) terindeks Scopus atau menjadi salah satu jurnal dengan peringkat teratas. Selain artikel ini, Journal of Adolescent Health memiliki banyak pilihan artikel menarik dan berkualitas terkait kesehatan. 


2. Association Between Youth Smoking, Electronic Cigarette Use, and COVID-19 oleh Gaiha, S. M., Cheng, J., & Halpern-Felsher, B. (2020)

Masih dalam lingkup yang sama dengan artikel sebelumnya, artikel ini juga mengangkat pembicaraan mengenai rokok elektrik. Namun, berbeda dengan Lazard (2020) yang menekankan pada penggunaan sosial media untuk kampanye bahaya rokok elektrik, Gaiha dan Halpern-Fesher  (2020) mengangkat fokus mengenai korelasi antara kegiatan merokok menggunakan rokok elektrik di kalangan remaja dengan COVID-19 atau Virus Korona. Penelitian dalam artikel ini dilakukan dengan melakukan survei secara daring. Beragam variabel diuji untuk membuktikan hubungan antara aktivitas merokok menggunakan rokok elektrik dengan kemungkinan seseorang terinfeksi Virus Korona, serta apakah terdapat perbedaan apabila yang digunakan hanya rokok elektrik saja atau merupakan gabungan antara rokok konvensional dan rokok elektrik.  Artikel ini akan menarik untuk dibaca bagi ahli kesehatan, masyarakat yang tertarik dalam hal kesehatan, maupun pembaca yang tertarik dengan hal-hal terkait rokok elektrik.  Perbedaan lain dari artikel sebelumnya adalah, artikel ini memiliki target yang lebih terbatas dibandingkan dengan artikel sebelumnya dimana hanya mengangkat tema kesehatan, sementara artikel sebelumnya mengangkat tema kesehatan dan sosial media.  Artikel ini dapat diakses pada jurnal yang sama, yaitu Journal of Adolescent Health dengan laman resmi pada https://www.jahonline.org.  Oleh karena itu, artikel ini juga merupakan artikel yang berkualitas karena terdaftar pada jurnal internasional kuartil 1 (Q1) terindeks Scopus. 


Daftar Pustaka

  1. Lazard, Allison J. (2020), Social Media Message Designs to Educate Adolescents About E-Cigarettes. Journal of Adolescent Health. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.05.030

  2. Gaiha, S. M., Cheng, J., & Halpern-Felsher, B. (2020). Association Between Youth Smoking, Electronic Cigarette Use, and COVID-19. The Journal of adolescent health: official publication of the Society for Adolescent Medicine, 67(4), 519–523. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.07.002


This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia.


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.

___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Astari Annisa Nur Rizky, Ihsanti Fairuz Anatasya, Pratiwi Prameswari

#

Social interactions (Interaksi sosial), COVID (COVID), Coronavirus (Virus korona)