Rekomendasi Artikel Jurnal: Perang

Tema:

Politik

Sub Tema:

Perang

Perang tidak hanya semata-mata terkait dengan konflik, namun berkaitan dengan banyak faktor, dari negara, kepercayaan, ekonomi sampai dengan kepentingan politik dari pihak yang bersengketa. Perang merupakan suatu fenomena yang terkadang tidak dapat dihindari, dan bentuknya pun juga tidak selalu berupa konfrontasi fisik. Oleh karena itu, menjadi suatu hal yang menarik untuk mempelajari kompleksitas dari peristiwa perang. Berikut beberapa referensi terkait pembahasan perang yang tim Wikilead telah himpun:


1.  Technology, War and the State: Past, Present and Future oleh Warren Chin (2019)

Artikel ini membahas mengenai perang, khususnya hubungan antara perkembangan teknologi perang yang dilakukan dengan negara. Saat ini, negara berlomba-lomba untuk mendorong inovasi teknologi perang sebagai cara untuk menunjukkan kekuatannya. Penulis membahas bagaimana perkembangan teknologi ini memengaruhi negara, baik dari segi sosial maupun ekonomi, dan apa yang akan terjadi di masa depan. Artikel ini cocok untuk para pengamat maupun penggiat teknologi, maupun pegawai dan bisnis yang berkecimpungan di bidang pertahanan. Artikel ini dapat diakses secara bebas dengan mengunjungi tautan di atas atau mengunjungi laman Oxford Academic International Affairs.


2.  Clausewitz and the Politics of War: A Contemporary Theory oleh George Dimitriu (2018)

Paper ini mengulas mengenai perang, secara spesifik mengenai hubungan antara perang dan politik yang sejalan dengan konsep Clausewitz. Terdapat miskonsepsi terkait konsep politik Clausewitz, dimana dianggap hanya terkait kebijakannya saja padahal membahas jauh lebih luas, termasuk perebutan kekuasaan domestik. Logika politik dalam konteks perang melihat penyatuan berbagai faktor perebutan kekuasaan dan tujuan kebijakan yang menentukan kekuatan politik. Karena banyak membahas terkait pergeseran kekuasaan dan politik perang, maka paper ini cocok untuk mereka yang bekerja di sektor politik maupun pertahanan. Paper ini dapat diakses secara bebas di laman Taylor & Francis Online.


3.  How do Wars End? A Multidisciplinary Enquiry oleh Chiara De Franco, Anders Engberd-Pedersen, dan Martin Mennecke (2019)

Karya tulis ini membahas mengenai perang, secara rinci mengenai akhir perang. Saat suatu pihak kalah ataupun menyerah dalam suatu perang, masih banyak proses yang terjadi dari penataan kembali hidup masyarakat dan veteran sampai pendefinisian sejarah. Karya tulis ini melihat bagaimana perang berakhir dari berbagai disiplin ilmu, dari hubungan internasional, hukum perang sampai sejarah intelektual perang. Untuk sivitas akademik di bidang sosial, ataupun penggemar sejarah, karya tulis ini cocok untuk Anda. Karya tulis dapat diakses secara bebas di laman Taylor & Francis Online.


Daftar Pustaka

  1. Chin, W. (2019). Technology, war and the state: past, present and future. International Affairs95(4), 765–783. https://doi.org/10.1093/ia/iiz106

  2. Dimitriu, G. (2018). Clausewitz and the politics of war: A contemporary theory. Journal of Strategic Studies, 43(5), 1–41. https://doi.org/10.1080/01402390.2018.1529567

  3. De Franco, C., Engberg-Pedersen, A., & Mennecke, M. (2019). How do wars end? A multidisciplinary enquiry. Journal of Strategic Studies, 42(7), 889–900. https://doi.org/10.1080/01402390.2019.1588119


This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia.


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Dhianti Afifah Nabila Yudhy, Enggar Suprobo, Hartsa Arroka Firdaus, Christien Tiyuni Tirtayasa, Anisa Arum Melati.

#

security (keamanan), defense (pertahanan), strategic studies (studi strategis), politics of war (politik perang), laws of war (hukum perang)