Rekomendasi Artikel Jurnal: Strategi Pemasaran, Digital, dan Komunikasi

Tema:

Bisnis

Sub Tema:

Strategi Pemasaran, Digital, dan Komunikasi

Seperti yang sudah banyak diketahui, marketing atau pemasaran telah menjadi salah satu bagian yang tidak dapat ditinggalkan dalam dunia bisnis. Sebuah bisnis akan sukses apabila mereka menerapkan strategi marketing yang tepat dan sesuai. Oleh karena itu, tidak heran apabila pemasaran merupakan disiplin ilmu yang sedang dan akan terus dipelajari akademisi maupun praktisi dan dituliskan dalam berbagai bentuk referensi. Berikut beberapa referensi terkait pemasaran yang tim Wikilead telah himpun:


1. Demonstrating the Value of Marketing oleh Dominique M. Hanssens dan Koen H. Pauwels (2016)

Dalam artikel ini dijelaskan bahwa perspektif untuk mengukur nilai pemasaran dapat berbeda-beda. Pengukuran yang berbeda-beda itu pun berpengaruh pada praktik pemeasaran yang akhirnya dipilih oleh perusahaan. Upaya untuk menjabarkan analisis yang sesuai terhadap nilai pemasaran pun dilakukan dalam artikel ini. Artikel ini sesuai untuk masyarakat yang tertarik pada bidang pemasaran dan pengusaha yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai nilai pemasaran. Untuk mengakses keseluruhan bahan bacaan ini, kita dapat mengakses secara gratis dalam batasan tertentu dengan mendaftar pada perpustakaan digital JSTOR.


2. Marketing in the Age of Resistance oleh Alemany, C. (2020)

Artikel Harvard Business Review ini lebih khusus membahas strategi pemasaran dengan menjelaskan bagaimana seharusnya perusahaan menggunakan strategi ditengah ketidakstabilan

sosial. Untuk mempertahankan posisi suatu produk dalam masyarakat, author Alemany berargumen bahwa perusahaan harus menjangkau value yang sesuai dengan value yang berusaha dicapai di masyarakat. Artikel ini juga menunjukkan bagaimana isu sosial dan respon perusahaan terhadap isu sosial tersebut dapat mempengaruhi posisi produk atau perusahaan. Artikel ini dapat menjadi bahan bacaan umum bagi penggiat bisnis dan siapa saja yang tertarik dengan pemasaran. Untuk mengakses keseluruhan bahan bacaan ini, kita dapat mengakses dengan berlangganan gratis di website Harvard Business Review.


3. Binge Watching and Advertising oleh Schweidel, D. dan Moe, W. (2016)

Paper ini membahas tema strategi marketing dengan fokus di mengenali perilaku (behaviour)

konsumen. Paper ini membahas secara komprehensif tentang perilaku konsumen di penyedia layanan streaming video. Schweidel dan Moe (2016) berusaha menjelaskan mengenai fenomena

yang disebut sebagai “binge-watching” dari segi demografi, dan pola menonton. Disini juga

menjelaskan bagaimana respon penonton terhadap iklan yang diberikan disela binge-watching.

Paper ini akan cocok menjadi sumber referensi untuk agensi ataupun perusahaan yang ingin

mengiklankan produknya di aplikasi streaming. Untuk mengakses keseluruhan bahan bacaan ini,

kita dapat mengakses secara bebas (free access) dan gratis dengan mendaftar pada perpustakaan digital JSTOR.


4. Overcoming Institutional and Infrastructure Weaknesses in China via Online Third-Party Marketplaces oleh Bei, Z., & Gielens, K. (2020)

Jurnal ini menjelaskan bagaimana pasar daring dapat menjadi solusi dan memfasilitasi transaksi perdagangan retail Tiongkok yang diekspektasi akan menjadi pasar terbesar di dunia mengalahkan US pada tahun 2020.  Pada jurnal ini, Bei dan Gielens (2020) menganalisis secara komprehensif mengenai pengaruh pasar daring terhadap posisi produsen (asing dan dalam negeri Tiongkok) yang langsung memasarkan barangnya tanpa melalui retailer.  Hal ini dapat dilihat dari penjelasan mengenai faktor apa saja yang menentukan keberhasilan pemasaran melalui online dan marketplace dan bagaimana value perusahaan yang dihasilkan ketika memasarkan produknya melalui online marketplace.  Jurnal ini cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi mahasiswa bisnis dan pemasaran, khususnya dalam bidang retail serta pemerhati saham. Untuk mengakses keseluruhan bahan bacaan ini, kita dapat mengakses secara bebas (free access) dan gratis dengan mendaftar pada perpustakaan Sage Journals.


5. Digital Innovation and International Business oleh Nambisan, S. (2020)

Jurnal ini membahas tema strategi pemasaran dengan fokus inovasi digital. Pengaruh digitalisasi telah memberikan pengaruh yang signifikan dalam membuka kesempatan baru bagi perusahaan multinasional (MNEs) untuk dapat terhubung dengan pasar global, memperoleh sumber daya, rekan, dan mengejar inovasi di pasar luar negeri. Pada jurnal ini, Nambisan (2020) menggabungkan dua perspektif yaitu inovasi literatur dan literatur bisnis internasional dalam menyoroti kesenjangan dalam inovasi bisnis internasional di era ekonomi digital serta bagaimana globalisasi dan kekuatan lokal dapat menjadi peluang dan hambatan bagi perusahaan MNEs. Jurnal ini cocok untuk menjadi bahan bacaan bagi para pelaku bisnis khususnya yang bergerak di perusahaan multinasional, bisnis digital, innovator, analis, serta mahasiswa bisnis dan ekonomi. Untuk mengakses keseluruhan bahan bacaan ini, kita dapat mengakses secara bebas (free access) dan gratis dengan mendaftar pada perpustakaan Sage Journals.


6. Impact of Subliminal Advertising on Consumer Buying Behavior oleh Sofi, S. A., Nika, F. A., Shah, M. S., & Zarger, A. S. (2018)

Jurnal ini membahas secara komprehensif mengenai pengaruh dari pesan subliminal dalam iklan TV terhadap perilaku konsumen di India. Sofi, Shah, dan Zarger (2020) menyatakan adanya pengaruh kuat yang dipaparkan oleh pesan subliminal dalam menentukan niat membeli serta perilaku kompulsif dari konsumen. Menariknya, hasil studi kasus yang dilakukan penulis menunjukkan sebagian besar paparan subliminal mempengaruhi konsumen muda. Jurnal ini cocok untuk menjadi bahan bacaan individu yang sedang mempelajari atau menekuni bidang advertising, khususnya bagi yang melakukan periklanan produk di TV, pakar analis dan peneliti perilaku konsumen, maupun bagi para individu yang sering melakukan aktivitas belanja. Untuk mengakses keseluruhan bahan bacaan ini, kita dapat mengakses secara bebas (free access) dan gratis dengan mendaftar pada perpustakaan Sage Journals.


Daftar Pustaka

  1. Hanssens, Dominique M., dan Koen H. Pauwels. (2016). Demonstrating the Value of Marketing. Journal of Marketing, vol. 80, no. 6, 2016, pp. 173–190, www.jstor.org/stable/44134978?read-now=1&seq=1#page_scan_tab_contents. Diakses tanggal 13 Nov. 2020.

  2. Alemany, C. (2020, September 3). Marketing in the Age of Resistance. Harvard Business Review. Harvard Business Publishing. https://hbr.org/2020/09/marketing-in-the-age-of-resistance

  3. Schweidel, D. dan Moe, W. (2016). Binge Watching and Advertising. Journal of Marketing, 80(5), 1–19. http://www.jstor.org/stable/44134959

  4. Bei, Z., & Gielens, K. (2020). Overcoming Institutional and Infrastructure Weaknesses in China via Online Third-Party Marketplaces. Journal of International Marketing, 28(2), 3–19. https://doi.org/10.1177/1069031x20915850

  5. Nambisan, S. (2020). Digital innovation and international business. Innovation, 1–10. https://doi.org/10.1080/14479338.2020.1834861

  6. Sofi, S. A., Nika, F. A., Shah, M. S., & Zarger, A. S. (2018). Impact of Subliminal Advertising on Consumer Buying Behaviour: An Empirical Study on Young Indian Consumers. Global Business Review, 19(6), 1580–1601. https://doi.org/10.1177/0972150918791378

This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia. 


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Geani Budiningsih Istira, Fathia Az'zahra, Irawan Sukma, Gisella Hillary Moningkai, Nadhifa Ayu Shafirra, M. A. A. Ridho, Asyshifa Ayu Shina Imani, Rachmadea Aisyah, Rania Arabella, Estella Nava Prasetya

#

marketing (pemasaran), digital marketing (pemasaran digital),, innovation (inovasi), tools of marketing (alat pemasaran), digital marketplaces (pasar digital), international business (bisnis internasional), subliminal ads (iklan subliminal)