Rekomendasi Artikel Jurnal: Sumber Daya Manusia

Tema:

Bisnis

Sub Tema:

Sumber Daya Manusia

Seseorang yang akan membangun bisnis maupun organisasi non profit harus mempunyai beberapa keterampilan. Keterampilan itu diantaranya kepemimpinan, mediasi, kewirausahaan dan memahami fungsi internal di perusahaan maupun eksternalnya. Jika semua keterampilan yang disebutkan dikuasai, maka kepuasan kerja, kinerja pekerja dan inovasi dapat meningkat baik itu di perusahaan keluarga maupun non keluarga. Berikut beberapa referensi terkait cara menjalankan bisnis/organisasi yang berhasil dihimpun tim wikilead :


1. Should Managers Use Team-Based Contests? oleh Chen, H., & Lim, N. (2013)

Paper ini membahasa tentang keraguan seorang manager untuk memutuskan pekerjanya dibentuk dalam satu tim atau bekerja secara individu. Sehingga diadakanlah penelitian untuk mengetahui kinerja pekerja yang berbentuk tim dengan pekerja perseorangan dalam suatu proyek. Penelitian membuktikan jika kinerja pekerja yang berbentuk tim dan perseorangan memiliki hasil yang relative sama jika sebelumnya mereka tidak mengalami pendekatan satu sama lain. Namun, jika sebelumnya pekerja di tim dan perorangan mengenal individu satu sama lain maka pekerja yang berbentuk tim kinerjanya lebih bagus dari pekerja yang bekerja secara perorangan. Paper ini dapat diakses secara bebas dan dibaca oleh para pemerhati bisnis dan bekerja di bidang bisnis.


2. The Effect of Political Skill on Work Role Performance and Intention to Leave: A Moderated Mediation Model oleh García-Chas, R., Neira-Fontela, E., Varela-Neira, C., & Curto-Rodríguez, E. (2018)

Paper ini membahas tentang penelitian ini untuk mengetahui peran mediasi dari dukungan organisasi yang dirasakan (POS). Seperti hubungan antara keterampilan politik dan hubungannya terhadap kinerja peran kerja dan keinginan individu untuk berhenti bekerja. Hasil menunjukkan hubungan positif POS dengan kinerja peran kerja tetapi negatif terhadap keinginan untuk berhenti bekerja. Paper ini dapat diakses secara bebas dan dibaca oleh pemerhati politik dan kepermimpinan di suatu organisasi.


3. Subject Coordinators as Boundary Managers: The Impact on Team Learning and Organizational Outcomes oleh Somech, A., & Naamneh, M. (2017)

Manager batas memiliki peran ganda baik di internal (mengawasi kegiatan dalam tim) dan eksternal (menghubungkan tim dengan lingkungan luar tempat mereka beroperasi). Paper ini membahas apakah dua peran tersebut berpengaruh terhadap aktivitas pembelajaran pada tim. Hasil menunjukkan hubungan positif antara peran internal dan eksternal manager batas terhadap pembelajaran tim, perilaku, inovasi tetapi tidak berpengaruh terhadap pencapaian akademis. Paper ini dapat diakses secara bebas dan dibaca oleh pemerhati pendidikan, kepemimpinan dan bisnis.


4. Situational Strength as a Moderator of the Relationship Between Organizational  Identification and Work Outcomes oleh Collins, B. J., Galvin, B. M., & Meyer, R. D. (2018)

Teori identifikasi organisasi menunjukkan persepsi karyawan dan kepatuhannya kepada atasan tempat mereka bekerja. Kondisi dan peraturan yang diterapkan di lingkungan kerja ternyata mempengaruhi kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Identifikasi organisasi yang diindikasikan dengan kondisi dan peraturan kerja yang tidak terlalu ketat berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Berbanding terbalik jika kondisi dan peraturan kerja yang ketat justru tidak meingkatkan kepuasan kerja dan kinerja karyawan. Paper ini dapat diakses secara bebas dan direkomendasikan untuk pengusaha, pemerhati kepemimpinan, pemilik bisnis dan komunitas.


5. How Do Labor Market Institutions Influence the Preference to Work in Family Firms? A Multilevel Analysis Across 40 Countries oleh Block, Jörn H., et al (2018)

Perusahaan keluarga memiliki karakteristik upah yang lebih rendah, keamanan kerja yang lebih tinggi dan lingkungan kerja yang lebih kooperatif dan entrepreneurial. Namun kurang dapat bersaing dengan perusahaan skala nasional karena kurangnya tenaga kerja yang kompeten dan berbakat. Pekerja perusahaan keluarga di 40 negara memilih bekerja di perusahaan keluarga di bursa tenaga kerja dengan rekrutmen dan pemecatan yang fleksibel, penetuan upah terpusat, dan atasan tidak terlalu ikut campur urusan bawahan. Paper ini dapat diakses secara bebas dan dapat dibaca oleh wirausahawan dan pemerhati bisnis.


Daftar Pustaka

  1. Chen, H., & Lim, N. (2013). Should Managers Use Team-Based Contests? Management Science, 59(12), 2823–2836. https://doi.org/10.1287/mnsc.2013.1743

  2. García-Chas, R., Neira-Fontela, E., Varela-Neira, C., & Curto-Rodríguez, E. (2018). The Effect of Political Skill on Work Role Performance and Intention to Leave: A Moderated Mediation Model. Journal of Leadership & Organizational Studies, 26(1), 98–110. https://doi.org/10.1177/1548051818774547

  3. Somech, A., & Naamneh, M. (2017). Subject coordinators as boundary managers: The impact on team learning and organizational outcomes. Educational Management Administration & Leadership, 47(1), 56–73. https://doi.org/10.1177/1741143217728082

  4. Collins, B. J., Galvin, B. M., & Meyer, R. D. (2018). Situational Strength as a Moderator of the Relationship Between Organizational Identification and Work Outcomes. Journal of Leadership & Organizational Studies, 26(1), 87–97. https://doi.org/10.1177/1548051818774550

  5. Block, Jörn H., et al. “How Do Labor Market Institutions Influence the Preference to Work in Family Firms? A Multilevel Analysis Across 40 Countries.” Entrepreneurship Theory and Practice, vol. 43, no. 6, 29 Mar. 2018, pp. 1067–1093, 10.1177/1042258718765163. Accessed 18 Apr. 2020.

This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia. 


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Diya Khoirun Nisa, Vetrin Simvianny, Clarissa Junia Ramli, Syafira Nur Amalia Haryadi, Nadhifa Ayu Shafirra, Affiah Ramadhita Putri, Rania Arabella, Felix, Kresna Murti Wasudewa

#

business (bisnis), leadership (kepemimpinan), entrepreneurship (kewirausahaan)