Rekomendasi Artikel Jurnal: Teknologi dan Kewirausahaan

Tema:

Bisnis

Sub Tema:

Teknologi dan Kewirausahaan

Teknologi adalah salah satu hasil dari kemajuan dimasa ini, seperti mesin, kecerdasan buatan, dan permainan video. Adanya teknologi, diharapkan bisa mempermudah pekerjaan manusia. Namun bagaimana jika yang terjadi sebaliknya? Berikut adalah jurnal – jurnal dengan tema teknologi dalam dunia bisnis, jurnal – jurnal berikut bisa menjadi gambaran nyata bagaimana dampak positif dan negatif pada dunia bisnis.


1. Robots and humans – complements or substitutes? oleh DeCanio, S. J. (2016)

Pengaruh dari Kecerdasan Buatan (Artificial Inteligence/AI) terhadap upah atau gaji tergantung dari bentuk hubungan agregat produksi dan elastisitas penggantian antara tenaga kerja manusia dan robot. Dampak positif atau negatif dari peningkatan penggunaan kecerdasan buatan pada upah bisa terjadi di fungsi produksi konvensional yang melibatkan tenaga kerja manusia, robot, dan modal biasa. Artinya, kita bisa memprediksi hubungan agregat produksi tanpa mengukur modal atau faktor tetap lainnya secara gamblang, yaitu menggunakan prosedur dari Houthakker yang dikembangkan ditahun 1950-an. Metode tersebut didasarkan oleh distribusi probabilitas produktivitas faktor variabel. Sesuai dengan distribusi yang berbeda dari data cross-section produktivitas Amerika Serikat, yang menunjukkan bahwa jika elastisitas penggantian antara tenaga kerja manusia dan robot lebih besar dari 1.9, yang bisa diartikan bahwa perkembangan teknologi kecerdasan buatan akan menyebabkan penurunan upah agregat, bersamaan dengan hal lain yang sama. Penurunan upah pekerja karena peningkatan penggunaan robot lebih mungkin terjadi di faktor manufaktur karena elastisitas penggantian manusia dan robot lebih kecil.


2. When Does Predictive Technology Become Unethical? oleh Siegel, E. (2020)

Teknologi kini bisa memprediksi banyak hal tentang dirimu, termasuk informasi – informasi yang paling personal. Pertanyaannya adalah, kapan informasi – informasi itu melewati batas dan berdampak negatif pada masyarakat? Penelitian dari Sweeney menunjukkan bahwa jika anda mencari nama dengan nama yang terkesan seperti nama orang hitam (negro) melalui Google maka ada kemungkinan 25% muncul iklan yang mengacu bahwa orang tersebut memiliki catatan kriminal, bahkan jika pembuat iklan tidak memiliki catatan kriminal atas nama tersebut. Membatasi teknologi agar tidak melewati batas dan memiliki etis adalah tantangan yang berat, apalagi untuk dibuatkan peraturannya, jika nanti akan dibuat. Tapi, sangatlah penting untuk tetap waspada saat teknologi melanjutkan stigma atau praktek tidak etis yang sudah ada, dan saat teknologi membuat data yang harus ditangani hati – hati.


3. When regional meets global: exploring the nature of global innovation networks in the video game industry in Southern Sweden oleh Chaminade, C., Martin, R., & McKeever, J. (2020)

Paper ini menjelaskan bagaimana industri kreatif regional berhubungan dan menggunakan inovasi global secara lebih rinci dan mudah dimengerti. Pengembangan permainan video adalah salah satu contoh dari pengembangan industri kreatif (simbolik), meliputi pengembangan produk dan layanan tak berwujud dan penuh simbol. Industri ini telah tumbuh dari sektor kecil menjadi pasar massal global di beberapa tahun terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa sumber dan pertukaran pengetahuan terjadi dalam skala regional dan global, tapi dengan tujuan berbeda dan melalui mekanisme berbeda. Tapi hasil analisis juga menunjukkan tidak semua variasi dalam keterlibatan jaringan bisa dijelaskan oleh perbedaaan diantara dasar pengetahuan industri atau mekanisme sumber pengetahuan. Sebaliknya, target pasar dan sifat serta geografi permintaan merupakan faktor penjelas yang penting.


Daftar Pustaka

  1. DeCanio, S. J., “Robots and humans – complements or substitutes?” Journal of Macroeconomics, vol. 49, 2016, pp. 280–291. https://doi.org/10.1016/j.jmacro.2016.08.003. Diakses tanggal 21 Desember 2020.

  2. Siegel, E., “When Does Predictive Technology Become Unethical?” Harvard Business Review Digital Article, 2020. https://hbsp.harvard.edu/product/H05Y9I-PDF-ENG. Diakses tanggal 21 Desember 2020.

  3. Chaminade, C., Martin, R., & McKeever, J., “When regional meets global: exploring the nature of global innovation networks in the video game industry in Southern Sweden” Entrepreneurship & Regional Development, 2020, pp. 1 – 16. : https://doi.org/10.1080/08985626.2020.1736184. Diakses tanggal 21 Desember 2020.

This list of recommended journal articles constitutes a fair-use of any copyrighted materials. Wikilead only provides the list as part of noncommercial activity to leverage knowledge in Indonesia. 


Daftar artikel jurnal yang direkomendasikan ini merupakan penggunaan wajar atas materi apapun yang memiliki hak cipta. Wikilead hanya memberikan rekomendasi sebagai bagian dari kegiatan nonkomersial untuk meningkatkan pengetahuan di Indonesia.


___________________________________________________________________________________________________

Kontributor: Prasasti Lhuky Tiarani, Renato Simon Lawalata, Putri Aulia Syafina, Felicia, Rania Arabella, Rammy Inkenny Immanuel Ndaparoka, Kresna Murti Wasudewa

#

aggregation (agregat), artificial (buatan), demographics (demografi), global innovation network (jaringan inovasi global), regional Innovation system (jaringan inovasi regional), symbolic industry (industri simbolik), video games (video game), Sweden (Swedia)